Jawara Silat, Galuh Purwaningsih Kembali Torehkan Prestasi Pencak Silat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
3. GALUH Purwaningsih ketika memenangkan pertandingan di Kejuaraan Nasional Pencak Silat Malang Championship 1 tahun 2019. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Galuh Purwaningsih mahasiswa Program Studi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengukir prestasi bidang persilatan. Kali ini, Galuh berhasil meraih Juara I Tanding tingkat Mahasiswa/Dewasa Putri pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat Malang Championship 1 tahun 2019, yang digelar di GOR Ken Arok Malang pada tanggal 22-23 Juni lalu.

Kejuaraan Nasional Pencak Silat Malang Championship 1 tahun 2019 memiliki dua kategori pertandingan yakni, Tanding/Fighter dan Seni. Lalu, terdapat tiga kategori kelas yaitu, kategori kelas Usia Dini; kategori kelas Pra Remaja/Remaja; dan kategori kelas Mahasiswa/Dewasa.

Berbeda dari biasanya, kejuaraan itu merupakan kali pertama Galuh membawa nama FKM sebagai kontingennya. Hal tersebut dikarenakan, Galuh juga memiliki tanggung jawab membawa 11 atlet usia dini dari sekolah berinstansi negeri.  Pada kesempatan itu, atlet pemula hasil latih Galuh juga mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

“Ajang kali ini saya tidak turun dengan TIM UKM, namun saya ikut dengan mewakilkan nama Fakultas Kesehatan Masyarakat,” ujar Galuh.

Kejuaraan yang diikuti 2.954 atlet dan dipimpin oleh 84 orang juri atau wasit, dengan 8 gelanggang pertandingan, berhasil disabet Galuh melalui latihan satu bulan sebelum pertandingan dengan level latihan khusus untuk persiapan kejuaraan. Selain itu, secara rutin Galuh juga melatih atlet usia dini di SDN Kalisari Surabaya.

“Dalam event ini, saya memiliki tekad yaitu mahasiswa wajib memiliki karya hingga titik darah penghabisan. Mahasiswa tidak hanya berprestasi di bidang akademik saja, tetapi juga wajib bisa memupuk prestasi yang dapat menunjang masa depannya kelak,” ungkapnya.

Galuh juga berpesan bahwa, penting untuk menggunakan peran mahasiswa sebagaimana mestinya, peran mahasiswa yang dapat membanggakan diri sendiri, lingkungan sekitar, dan universitas. Sebagai mahasiswa, masih sangat diperlukan Prestasi, dan untuk mengukirnya pasti membutuhkan Proses dan Perjuangan.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu