‘LOTAN Biji Mahoni’ Bangun Keluarga Millenial Anti-DBD

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PKM
TIM PKMM LOTAN Biji Mahoni saat melakukan kegiatan bersama warga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Guna optimalisasi hasil kreativitasnya, Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang berjudul “Lotion Anti Nyamuk Biji Mahoni sebagai Alternatif Pengendalian DBD di Surabaya” menggelar sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk Lotion Anti Nyamuk Biji Mahoni (LOTAN Biji Mahoni) kepada masyarakat utamanya dalam kendali keluarga yang dalam hal ini dilakukan di Ambengan batu, Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya

Tim yang diketuai oleh Shindy Ayu Anggraini, melakukan sosialisasi tidak hanya terfokus pada produk LOTAN Biji Mahoni, tetapi cara agar produk LOTAN Biji Mahoni dapat dibuat secara mandiri oleh masing-masing keluarga sebagai bentuk alternatif pencegahan penyakit DBD.

“Konsep yang dibawa adalah Community Development dimana tumbuhnya keberdayaan masyarakat oleh dan dari masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan LOTAN Biji Mahoni, jelasnya, memberdayakan masing-masing keluarga untuk menjadi keluarga millenial yang dapat mengaktualisasikan diri dalam pengelolaan lingkungan dan pencegahan penyakit DBD. Tidak hanya itu, lanjutnya, mereka juga bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri tanpa ketergantungan dengan pihak-pihak perusahaan maupun pemerintah.

“Dengan membuat pestisida secara mandiri di masing-masing keluarga berupa lotion anti nyamuk yang berbahan dasar biji Mahoni, kami mereka bisa lebih mandiri,” ungkapnya.

Shindy juga mengatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan pembuatan LOTAN Biji Mahoni diberikan pada Ibu Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dan Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga).  Tentu, jelasnya, diharapkan dapat menjadi kader dalam membimbing masing-masing keluarga untuk sadar akan pentingnya pencegahan penyakit DBD serta membantu masing-masing keluarga untuk secara mandiri membuat LOTAN Biji Mahoni sebagai bentuk pencegahan DBD.

“Syukur, respon baik dan antusiasme masyarakat setempat pada pelatihan pembuatan LOTAN Biji Mahoni. Warga antusias dengan lotion ini, karena bisa mencegah gigitan nyamuk dan bisa menghilangkan gatal-gatal,” tuturnya. “Selain itu, bau biji Mahoni juga warga suka. Bikinnya mudah, biji Mahoni banyak dijual di pasar. Jadi, ibu-ibu tidak repot untuk membuat sendiri di rumah,” pungkasnya.

Penulis: TIM PKM-M LOTAN Biji Mahoni

Editor: Nuri Hermawan 

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu