Carita Bantala, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MUHAMMAD Abdel Rafi ketika memberikan materi kepada hadirin yang datang. (Foto : Galuh Mega Kurnia)

UNAIR NEWS – Carita bantala atau cerita tentang bumi merupakan persembahan dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) peminatan promosi kesehatan dan ilmu perilaku (PKIP) 2019. Mengangkat tema less plastic more life, acara tersebut dilaksanakan pada Juma’at (21/6/2019) di BG Junction.

Mochamad Azhari Mardhani atau Dhani, ketua panitia dari kegiatan tersebut menjelaskan bahwa dipilihnya tema tersebut berawal dari keresahan panitia terhadap banyaknya sampah plastik. Serta dampaknya terhadap lingkungan dan kesehatan makhluk hidup.

“Dalam kegiatan ini, kami berupaya untuk mengenalkan kepada khalayak umum khususnya siswa SMA terkait bagaimana cara untuk menanggulangi sampah plastik,” jelas Dhani.

Kegiatan carita bantala diramaikan dengan talkshow, persembahan puisi, photo contest, serta mini games. Tidak lupa, panitia juga mengundang beberapa komunitas lingkungan di Surabaya seperti komunitas nol sampah dan komunitas peduli sungai untuk dikenalkan kepada para peserta.

Dengan mengenal komunitas tersebut, diharapkan muncul rasa kepedulian dan keinginan dari peserta untuk menggali informasi lebih terkait masalah lingkungan dan cara menanggulanginya. Lebih dari itu, panitia juga berharap mereka tergerak untuk bergabung dengan komunitas tersebut.

Sementara itu, talkshow diisi oleh tiga narasumber yang bergerak dibidang lingkungan. Yaitu Titik Sugiarti selaku ketua bank sampah kampung Sidotopo, Surabaya. Kemudian juga hadir Hania Ismail perwakilan dari komunitas nol sampah, Surabaya. Serta Muhammad Abdel Rafi, mahasiswa UNAIR, juara satu Toyota Eco Youth 2014

Kedepannya, Dhani berharap  semakin banyak masyarakat yang sadar untuk mengurangi sampah plastik dan mulai menerapkan gaya hidup zero waste. Seperti mulai memakai sedotan non plastik seperti stainless straw, atau berbelanja menggunakan tote bag sendiri.

“Kita mustahil menghilangkan plastik. Tapi kita bisa mengurangi penggunaan plastik atau mengolah sampah plastik menjadi suatu inovasi,” ucap Dhani

Kegiatan carita bantala sebagai bentuk promosi kesehatan merupakan salah satu tugas dari mata kuliah pengembangan media. Pulung Siswantara, S.KM., M.Kes, penanggung jawab mata kuliah tersebut menjelaskan bahwa pada mata kuliah pengembangan media, mahasiswa dituntut untuk bisa mengadakan suatu program promosi kesehatan terkait dengan masalah yang ada di masyarakat.

“Ketika teori hanya berasal dari kelas, maka tidak akan menjadi apa-apa. Kenapa tidak kita keluarkan, kita biarkan mereka membuat kampanye yang sangat bagus sehingga orang bisa berubah dan memberikan efek kepada masyarakat,” jelas dosen yang akrab disapa Pulung tersebut.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).