Perpustakaan UNAIR Ajak Orang Tua Tanamkan Minat Baca pada Anak

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pustakawan UNAIR Novita Dwi Anawati saat memberikan sosialisasi soal menanamkan minat baca anak di TK Islam Nabawi yang berlokasi di Jl. Jojoran I AB Surabaya, Jumat (21/6/2019). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Jumat (21/6/2019) di TK Islam Nabawi yang berlokasi di Jl. Jojoran I AB Surabaya. Kegiatan tersebut berupa sosialisasi kepada orang tua tentang petingnya penanaman minat baca pada anak.

Sefti, pustakawan sekaligus penanggung jawab kegiatan pengabdian masyarakat Perpustakaan UNAIR menyebutkan bahwa kegiatan semacam ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan pada waktu dan momen tertentu.

“Memang wajib dari perpustakaan itu ada pengabdian masyarakat. Acaranya biasanya berhubungan dengan minat baca, atau hari ulang tahunnya perpustakaan, literasi informasi. Tempatnya pun berbeda-beda. Kadang kita masuknya ke TK-TK atau di lingkungan UNAIR,” sebutnya.

Kali ini, Perpustakaan UNAIR menyelenggarakan sosialisasi dengan tema minat baca. Sasaran dari sosialisasi tersebut adalah orang tua atau wali murid TK Nabawi. Hal tersebut juga sebagai respon pustakawan dan Perpustakaan UNAIR dalam menyikapi fenomena kecanduan gadget pada anak-anak akibat kurangnya perhatian dan pendampingan dari orang tua.

“Kan kita sekarang fokusnya ke wali murid. Supaya ibu tidak mudah memberikan handphone atau gadget pada anak. Melainkan bagaimana caranya anak itu, yuk, dikenalkan buku untuk menumbuhkan minat baca pada anak,” terangnya.

“Jadi bisa mengurangi penggunaan gadget, itu yang pertama. Yang kedua, bagaimana cara agar anak-anak tertarik mau untuk membaca,” imbuh Sefti.

Materi sosialisasi disampaikan oleh pustakawan UNAIR bernama Novita Dwi Anawati. Novi menjelaskan mulai dari pentingnya minat baca bagi anak usia dini, cara menumbuhkan minat baca, serta berbagi pengalaman yang berkaitan dengan kebiasaan belajar dan membaca anak.

Usai penyampaian materi dan tanya jawab, pihak Perpustakaan UNAIR menyerahkan paket buku ana-anak untuk TK Nabawi. TK Nabawi sendiri merupakan salah satu sekolah yang memiliki taman baca. Di mana, taman baca tersebut telah menjadi binaan Perpustakaan UNAIR sejak tahun 2010.

Pustakawan UNAIR Novita Dwi Anawati (kiri) secara simbolis menyerahkan paket buku ana-anak untuk TK Nabawi. (Dok. Pribadi)

Tak hanya sosialisasi, dalam kesempatan lain tim Perpustakaan UNAIR juga melakukan kegiatan pemberdayaan sebagai wujud pengabdian masyarakat. Seperti pembuatan kerajinan, pelatihan krya, dan lain sebagainya. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).