“ULAWAK” Ubi Jalar dan Temulawak untuk Growth Promotor Ayam Broiler

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PKM 5_ Ulwak
TIM PKMK ULAWAK saat melakukan proses penjemuran. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – “ULAWAK” merupakan salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang berhasil mewakili Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai PKM yang  didanai oleh Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti). Tim dari ULAWAK sendiri terdiri dari lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Ialah Ramy Inas Mahirah Mufa mahasiswa FKH angkatan 2018 sebagai ketua tim, Ahda Idzha Safira mahasiswa FKH angkatan 2018, Febi Dwinda Alfifah mahasiswa FKH angkatan 2018, Jasmine Abitha mahasiswa FKH 2018, dan Kamailiya Ulfah mahasiswa FKH angkatan 2017 sebagai anggota tim.

Mengenai hal itu, Ramy Inas selaku ketua tim mengatakan bahwa ubi jalar dan temulawak yang dikemas dalam produk “ULAWAK” menggunakan bahan organik yang mengandung karbohidrat dan β-karoten. Bahan organik itu, lanjutnya, berguna untuk membantu menambah berat badan dan curcumin untuk menambah nafsu makan pada ternak ayam broiler.

Tidak hanya itu, Ramy Inas juga mengatakan bahwa pakan tersebut nantinya akan tersedia dalam bentuk tepung. Selanjutnya, tepung tersebut nantinya akan dicampurkan sebagai pakan tambahan pada ayam broiler.

“Selain itu, ULAWAK dapat tahan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu satu tahun jika disimpan dalam kondisi dan tempat yang sesuai dengan rekomendasi kemasan,” jelasnya.

Tim yang dibimbing langsung oleh Emy Koestanti S., drh., M.Kes., itu juga telah memproduksi produk ULAWAK dalam bentuk kemasan. Ramy Inas juga menegaskan bahwa pihaknya, saat ini telah melakukan produksi sebanyak 50 kemasan dan sedang dalam proses pemasaran kepada peternak peternak ayam di daerah Jawa Timur.

“Syukur, ULAWAK pada saat ini telah dalam proses produksi untuk kemudian disebarkan ke peternak ayam di daerah Jawa Timur,” pungkasnya.

Penulis: TIM PKMK ULAWAK
Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu