Berhasil Merebut ‘GrandPrize Winner’, Ayuma Harumkan Nama Indonesia di Face of Asia 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Ayu Maulida Putri, perempuan yang sejak remaja menyukai dunia modeling itu, kini menunjukkan eksistensinya di dunia modeling internasional. Dia berhasil menjadi juara umum Face of Asia 2019 pada Asia Model Festival yang diselenggarakan di Korea Selatan pada (7/6/2019) kemarin.

Ayuma, sapaan akrabnya, merupakan mahasiswa semester akhir Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR). Mahasiswa angkatan 2015 itu berhasil menyisihkan 79 model dari 27 negara pada pergelaran tahun ke-14 festival bergengsi se-Asia tersebut. Selain itu, dia berhasil merebut beberapa Sponsor Awards dan menjadi Top 10 Face of Asia Model 2019.

”Tentu aku bahagia banget. Saat diumumin juara umumnya, aku shock banget dan bersyukur,” ungkap model dengan tinggi 177 cm itu.

Ayuma selalu percaya diri dan ‘sempurna’ hampir di setiap sesi yang diikutinya. ”Penilaiannya sangat sangat kompleks. Kita (para model, Red) benar-benar harus jadi professional model. Latihan, on time, disiplin, tanggung jawab, catwalk setiap kali audisi, dari casting, juga sikap dari keseharian kita,” tuturnya.

Walaupun begitu, model asal Surabaya tersebut mengaku sempat pesimistis dan minder untuk mengikuti ajang modeling se-Asia itu. Namun, sejak awal terpikir untuk mengikuti ajang tersebut, dirinya memang menargetkan harus bisa menangi Face of Asia 2019.

”Tapi, tetep target untuk menang dan selalu optimis. Masih nggak percaya banget alhamdulillah bisa tercapai. Itu seperti anugerah sekali,” ucapnya.

Tidak hanya berparas cantik, Ayuma juga aktif pada kegiatan sosial ‘Senyum Desa’. Dia menuturkan bahwa aktif pada kegiatan semacam itu dapat menambah pengalaman dan berbagi kepada sesama.

”Untuk senyum desa iya. Memang aktif dari awal. Karena, kegiatannya sosial dan juga bermanfaat bagi sesama”, katanya.

Kepada tim UNAIRNEWS, Ayuma membagikan pengalaman menariknya dari kompetisi yang berlangsung selama setengah bulan itu. ”Jadi, selama kompetisi di sini, aku juga melaksanakan ibadah puasa. Dan, itu merupakan perjuangan yang berat karena belum pernah puasa di luar negeri. Jadi, kita puasa dari jam tiga sampai jam delapan malam,” ujarnya.

Selain Ayuma, ada empat delegasi lain yang mewakili Indonesia. Yaitu, Zian Alfin, Chealsea McKenzie, Joel Leo Pollock, dan Alfrida Alifia. 

Bukan berhenti di sini, Ayuma berencana mengikuti kompetisi lain yang lebih besar dan mulai merintis untuk mencapainya. ”Ada satu tujuan lagi yang masih rahasia dan memang cita-cita sekali. Semoga bisa tercapai,” ungkap Ayu. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).