Kesan Ksatria Airlangga Sambut Lebaran dengan Ujian Akhir Semester

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ilustrasi oleh liputan 6 com
ilustrasi oleh liputan 6 com

UNAIR NEWS  – Ada yang menarik pada Ujian Akhir Semester (UAS) Universitas Airlangga pada semester genap tahun 2019. UAS pada tahun ini menjadi topik perbincangan yang hangat di kalangan mahasiswa, terlebih bagi para perantauan. Pasalnya, UAS semester genap bakal dilaksanakan dalam waktu yang berdekatan dengan Idul Fitri.

Pelaksanaan UAS yang berdekatan dengan perayaan Idul Fitri, menuai beragam komentar yang menggelitik dan menarik untuk disimak. Tentunya kejadian tersebut menjadi pembelajaran untuk para mahasiswa tentang rasa berjuang dengan dilema rindu kampung halaman dan orang-orang tercinta.

Mengenai hal itu, Ahmed Sultan Afif Shiddiq mahasiswa Akuakultur PSDKU asal Medan itu mengungkapkan, meski UAS semester genap dilaksanakan setelah hari raya dan harga tiket pesawat di atas standar serta tak sebanding dengan jeda waktu libur yang cukup singkat, pihaknya memutuskan untuk tetap mudik ke kampung halaman.

“Tetap Ingin pulang sebelum UAS, meski jedanya cukup singkat tetapi saya memutuskan untuk tetap pulang sebelum ujian. Karena pada hari lebaran keluaga besar sedang kumpul, momen langka itu yang saya rindukan jadi tidak akan saya lewatkan,” ujarnya sembari mengekspresikan kerinduannya pada kampung halaman.

Mahasiswa yang akrab disapa Ahmed itu juga menyampaikan, meski UAS sangat dekat dengan hari raya, mahasiswa harus tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang akademisi.

“Yakni, mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan mempersiapkan diri untuk bertempur mengahadapi ujian akhir semester meskipun sedang berkumpul dengan keluarga besar,” ucapnya lugas.

Selaras dengan Ahmed, mahasiswa Kedokteran Hewan PSDKU asal Pekanbaru, Nadia Marva Triana mengatakan bahwa UAS yang dilaksanakan setelah hari Idul Fitri pernah dirasakannya ketika mahasiswa baru. Sehingga, lanjutnya, ketika kejadian itu terulang kembali hal itu sudah biasa dirasakannya.

“Hikmah yang bisa saya ambil dari kembalinya momen ini yakni saya lebih kuat dalam menghadapi rasa rindu yang menggebu ingin bertemu dengan keluarga besar. Rindu itu pasti, namun bagaimana memanfaatkan celah waktu yang cukup singkat ini untuk persiapan penelitian Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan ujian akhir semester,” ungkapnya dengan tertawa dan tersenyum.

Penulis: Sulistyo Primadani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu