Manfaatkan Podcast Sebagai Media Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ILHAM Aksanu Ridlo S.KM., M.Kes dan Rizqy Amelia Zein, S.Psi., M.Sc (kanan) dan sampul podcast Sepulang Kuliah (Kiri). (Ilustrasi : istimewa)

UNAIR NEWS – Podcast merupakan media berbasis audio yang akhir-akhir ini mulai diminati khalayak ramai. Mulai dari masyarakat biasa hingga content creator dan youtuber kondang. Raditya Dika pun ikut memanfaatkan podcast sebagai media untuk berkreasi.

Tidak ingin kalah, Ilham Aksanu Ridlo S.KM., M.Kes, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) juga turut memanfaatkan podcast untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang telah dia dapatkan. Tidak sendirian, dosen yang akrab disapa Ilham tersebut juga mengajak sang istri, Rizqy Amelia Zein, S.Psi., M.Sc. (Amel) yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Psikologi UNAIR untuk ikut menjadi partner kerjanya.

“Selain untuk menyalurkan hobi dan keinginan untuk menjadi content creator, podcast kami juga menjadi media alternatif pembelajaran yang tidak sempat dibahas di dalam kelas,” ucap Ilham.

Judul podcast yang dipilih oleh Ilham dan Amel adalah Sepulang Kuliah. Dilatarbelakangi oleh keduanya yang berprofesi sebagai dosen dan seringnya waktu yang bisa digunakan untuk melakukan rekaman adalah sepulang kuliah.

Pada akun Sepulang Kuliah tersebut, Ilham dan Amel lebih banyak membahas mengenai jurnal ilmiah, open science dan kehidupan mereka sebagai dosen muda. Open science sendiri merupakan sikap mental bagaimana akademisi bisa bersikap lebih arif memandang apa yang menjadi konsen akademisi terhadap ilmu.

Intinya adalah open science membuka ruang keterbukaan tentang bagaimana proses science itu terbentuk. Sebagai contoh dalam penelitian, yaitu bagaimana data bisa transparan digunakan, hasilnya bisa dibuka ke banyak orang dan dimanfaatkan.

“Inti dari open science adalah ketermanfaatan ilmu pengetahuan dan tidak membuat ilmu pengetahuan di komersialisasi,” jelas Ilham.

Untuk menambah variasi konten podcastnya, Ilham juga sempat mengajak mahasiswa dan dosen dari universitas lain untuk berkolaborasi. Salah satunya adalah episode terkait pengindeks publikasi ilmiah yang mengundang Dr. Dasapta Erwin Irawan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Episode tersebut juga menjadi salah satu episode Sepulang Kuliah yang paling banyak didengar oleh publik.

Podcast Sepulang Kuliah dapat didengar pada aplikasi anchor, apple podcast, google podcast, spotify, dan pocket podcast. Sejauh ini, jangkauan pendengar podcast tersebut berasal dari Indonesia, New Zealand, Amerika, Australia hingga Inggris. Ilham dan Amel bahkan juga membuatkan akun twitter sebagai media untuk menyebarkan podcast dan media komunikasi dengan pendengar.

Tidak berjalan lancar begitu saja, dalam pembuatan episode baru, terdapat beberapa kendala yang keduanya hadapi. Diantaranya adalah sulitnya mengalokasikan waktu untuk membuat rekaman dan mengeditnya dengan jam kerja sebagai dosen saat ini. Selain itu, juga terkait dengan upaya konsistensi diri untuk membuat konten baru berdasarkan mood yang dibangun.

“Karena ketika kita ingin membagikan sesuatu, kita juga harus memiliki banyak asupan terkait apa yang mau kita bagikan tersebut. Dalam hal ini adalah ilmu, sehingga terus memotivasi saya untuk banyak belajar dan membaca,” ujar Ilham.

Ilham berharap, kedepannya dia dan istri bisa terus konsisten dalam membuat konten. Ilham juga berharap, semangat untuk berbagi tersebut juga tertular kepada para mahasiswa agar lebih banyak berbagi dan bermanfaat untuk orang sekitar.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).