Administrasi Keuangan UNAIR Gelar Baksos di Sanggar Anak Jalanan dan Panti Werdha

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para lansia di Panti Werdha Hargo Dedali saat baksos yang diadakan oleh pegawai administrasi keuangan Universitas Airlangga. (Foto: Zanna Afia Deswari)

UNAIR NEWS – Bulan Ramadan selalu menjadi momen bagi umat muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Sebab, dalam bulan ini Allah SWT menjanjikan pahala dan berkah berlipat ganda bagi mereka yang beribadah dan beramal.

Sebagai wujud syukur segenap pegawai administrasi keuangan Universitas Airlangga berbagi kebahagiaan melalui kegiatan bakti sosial (baksos) pada Selasa (28/5/2019). Dengan menggandeng unit administrasi keuangan fakultas se-UNAIR, baksos kali ini diselenggarakan di dua tempat. Yaitu, Sanggar Alang-Alang dan Panti Werdha Hargo Dedali.

Lokasi pertama yang dituju adalah Sanggar Alang-Alang, sebuah rumah belajar bagi anak-anak jalanan. Tempat yang didirikan oleh jurnalis TVRI, Didit Hape tersebut terletak di Jalan Gunungsari nomor 24 Surabaya. Di sana, rombongan baksos mendonasikan barang berupa pakaian layak pakai, peralatan sekolah, serta uang tunai.

Usai menikmati tampilan musik anak jalanan sebagai penutup acara, peserta baksos segera melanjutkan perjalanan menuju lokasi kedua, yaitu Panti Werdha Hargo Dedali. Panti yang terletak  di Jalan Manyar Kartika IX No. 22-24 Surabaya tersebut berdiri pada tahun 1987 dan pernah menjadi tempat tinggal bagi janda-janda veteran, sebelum kemudian dibuka untuk umum.

Tak hanya menyerahkan santunan donasi, peserta baksos juga berinteraksi langsung dengan para lansia (lanjut usia). Mulai dari bertanya, bercerita, hingga membacakan sebuah puisi karya salah satu lansia penghuni panti bernama Itiek Meimoena Soepangkat. Suasana haru bahkan sempat mewarnai kala salah seorang lansia menceritakan alasan dirinya dirawat di Hargo Dedali.

Harlis Soelistyaningrum, salah satu koordinator acara mengatakan kegiatan ini merupakan baksos pertama yang dilaksanakan administrasi keuangan universitas bersama unit administrasi keuangan tiap fakultas. Bersama dengan Hendra Dhanu, Harlis kemudian mengkoordinir kegiatan baksos administrasi keuangan.

“Harapannya tadi semua pegawai di fakultas bisa ikut baksos, tapi karena pelaksanaannya saat jam kerja, tidak semua bisa hadir. Jadi hanya perwakilan dari masing-masing fakultas saja,” terangnya.

Meski demikian, Harlis bersyukur, usulannya akan kegiatan ini mendapat respon sangat baik oleh rekan-rekannya di administrasi keuangan. Berbagai bantuan dan donasi terus mengalir menjelang hari H pelaksanaan baksos. Untuk itu, Harlis berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan kembali di masa mendatang.

Para pegawai administrasi keuangan Universitas Airlangga di tempat bakti sosial. (Foto: Zanna Afia Deswari)

“Semoga kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahim antar anggota grup administrasi keuangan UNAIR, membuat kita lebih peduli dengan sesama yang membutuhkan dan tahun depan dapat terlaksana kembali,” pungkasnya. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).