Pengumpulan Database Alumni, Upaya DAI BEM FKM UNAIR Menyambung Tali Silaturahmi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Ilustrasi : istimewa)

UNAIR NEWS – Pengumpulan database alumni Departemen Agama Islam (DAI) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu agenda dari program kerja “Hubungan DAI dengan Alumni” yang dilaksanakan oleh divisi humas DAI BEM FKM UNAIR. Database alumni tersebut diperuntukkan bagi alumni yang sudah lulus dan mahasiswa aktif yang pernah tergabung dalam keluarga DAI minimal satu tahun kepengurusan.

Mahdiyyah Husna Nihar, sekretaris divisi humas DAI BEM FKM UNAIR, menjelaskan bahwa terdapat tiga agenda utama pada program kerja “Hubungan DAI dengan Alumni”. Yaitu database alumni, Aprisiasi Wisuda (APW) DAI dan sambang alumni. Pada program kerja tersebut, pengisian database berfungsi untuk menjadi rujukan divisi humas dalam mengagendakan kegiatan sambang alumni dan menjadi arsip DAI.

“Biasanya data tersebut dipergunakan divisi lain dalam menunjang program kerjanya. Contohnya kegiatan SERAMBI atau Semarak Ramadan Bersama DAI yang mengundang alumni agar hadir dan turut berpartisipasi dalam menyukseskan acara tersebut (SERAMBI,red),” jelas Husna.

Dalam menjalankan program database tersebut, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh panitia. Terutama, kendala dalam mencari kontak alumni yang bersangkutan dan sulitnya meminta alumni untuk mengisi formulir database.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, salah satu strategi yang digunakan oleh panitia adalah meminta bantuan para ketua DAI dari berbagai periode kepengurusan. Yaitu untuk menyebarkan formulir online pengumpulan database alumni DAI melalui grup DAI pada tahun kepengurusan mereka masing-masing.

“Selain itu, formulir juga dibagikan melalui sosial media DAI seperti OA line dan instagram DAI. Apabila database telah diisi, divisi humas dengan mudah dapat melihat data yang diperlukan guna kelancaran kegiatan lain yang terkait dengan alumni,” ucap Husna.

Husna berharap, semoga formulir database tersebut bisa diisi oleh banyak alumni sehingga memudahkan DAI dalam menjalankan kegiatan dan menyambung tali silaturahmi. Menurut Husna,  menjaga ukhuwah sangat perlu dilakukan, tidak hanya dilakukan sesama anggota DAI pada periode ini saja melainkan juga dengan alumni DAI tahun sebelumnya.

Perlu diketahui, program pengumpulan database alumni dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan DAI BEM FKM UNAIR tahun 2019. Alumni DAI dapat mengisi formulir pada link bit.ly/DatabaseAlumniDAI.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor  : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu