Mahasiswa Ilmu Komunikasi Belajar Gunakan Media Sosial dengan IDN Times

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ADE Husni memaparkan karakteristik kepribadian di media social. (Foto: Istimewa)
ADE Husni memaparkan karakteristik kepribadian di media social. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Ketika zaman sudah semakin berkembang, media sosial menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari manusia. Kegunaan media sosial pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama hingga menyampaikan gagasan. Bukan hanya itu, seiring perkembangan teknologi, media sosial juga dapat digunakan sebagai konten pemasaran.

IDN Times Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dengan Departemen Komunikasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar. Kegiatan itu merupakan campus roadshow yang diadakan oleh IDN Times. Tema dari seminar tersebut adalah Social Media as Content Marketing.

Seminar Social Media as Content Marketing itu diadakan di Ruang Adi Sukadana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR. Tepatnya dilaksanakan pada Rabu (22/5/2019).

Seminar Social Media as Content Marketing membicarakan bagaimana sosial media digunakan sebagai sebuah konten dalam bidang pemasaran. Seminar itu dihadiri oleh puluhan mahasiswa ilmu komunikasi UNAIR mulai angkatan 2016 hingga 2017. Acara itu dibuka langsung oleh Kepala Departemen Komunikasi UNAIR Dr. Yayan Sakti Suryandaru, S.Sos., M.Si.

Salah seorang pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Ade Husni. Dia adalah Social Media Associate dari IDN Times JATIM. Pria lulusan sastra Inggris Universitas Udayana tersebut menjelaskan mengapa media sosial harus digunakan untuk sebuah konten pemasaran.

”Pengguna media sosial sangat banyak. Karena itu dapat digunakan untuk kepentingan-kepentingan pemasaran,” imbuhnya.

Ade melanjutkan pemaparannya tentang bagaimana cara menggunakan media sosial sebagai konten pemasaran. Menurutnya, ada empat langkah bagaimana cara menggunakan media sosial sebagai konten pemasaran. Langkah pertama adalah menentukan tujuan menggunakan media social. tujuan yang dicapai cukup satu saja agar bisa fokus.

“Contoh tujuannya bisa berbentuk brand awareness, business, dan personal branding.” Ungkapnya.

Kemudian dilanjut dengan menetapkan kepribadian yang ingin diterapkan. Menurut pemateri, ada pertanyaan – pertanyaan yang dapat menentukan bagaimana kepribadian di media sosial. Mulai dari bagaimana karakteristik audience, seperti apa kepribadian dari media sosial, hingga kesan apa yang ingin ditimbulkan kepada audience.

 Langkah ketiga adalah menentukan bagaimana strategi konten di media sosial. Menurut Ade, kesuksesan dalam menggunakan media sosial sebagai konten marketing ditentukan oleh tiga hal, yaitu kualitas konten, pemilihan waktu posting, hingga frekuensi posting. Langkah terakhir adalah konsisten dalam menjalankan sosial media. (*)

Penulis: Ardimawan Fikri WIbianto

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

Feri Fenoria Rifai

Feri Fenoria Rifai

Leave Replay

Close Menu