Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkat Isu ”Ethical Fashion” Melalui Local Artisan Festival

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AISYAH Laila mengajarkan bagaimana teknik make-up. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga adakan acara Local Artisan Festival. Local Artisan Festival adalah sebuah rangkaian acara yang berfokus pada peningkatan kesadaran terhadap isu “ethical fashion” dan produk “make-up cruelty-free” dengan tema “Ethical Brands: know how they made them, know how to thank them”.

Kegiatan Local Artisan Festival diadakan di On Market Go, salah satu fashion store yang berlokasi di Tunjungan Plaza 5, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya. Kegiatan itu dilaksanakan mulai Sabtu (18/5/2019) dan berakhir pada Minggu (19/5/2019).

Kegiatan Local Artisan Festival menyelenggarakan berbagai mata acara. Pada Sabtu (18/5/2019), salah kegiatannya adalah workshop mendaur ulang jeans menjadi pouch. Materi mata acara tersebut diberikan oleh perwakilan dari LaSalle College Surabaya. Pada acara itu, LaSalle College memberikan cara bagaimana membuat pouch dari jeans yang siap untuk didaur ulang.

Setelah workshop mendaur ulang jeans, dilanjut dengan kelas kecantikan. Tema dari kelas kecantikan itu adalah ”Dare to be Bold”. Pada kelas kecantikan tersebut, pemateri yang diundang adalah Aisyah Laila, yaitu seorang make-up artist.

Pada Minggu (19/5/2019), salah satu mata acara yang dilaksanakan adalah talkshow. Talkshow itu mengangkat tema ”The Journey to Sustainable Fashion”. Pemateri pada talkshow tersebut adalah Embran Nawawi. Dia adalah salah seorang desainer senior di Surabaya

Mata acara terakhir di dalam Local Artisan Festival adalah Fashion Show Competition. Kompetisi itu melombakan desain-desain dari para desainer. Bukan hanya itu, desain-desain tersebut juga ditampilkan di tengah catwalk. Fashion show itu ditonton oleh puluhan pengunjung yang juga datang ke On Market Go.

Nur Agung Guntoro, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAIR yang menjabat sebagai Project Manager menyampaikan berharap semoga mata orang-orang menjadi terbuka dengan bagaimana membeli sebuah pakaian. Meski hal itu sepele, tapi pengaruhnya ke lingkungan dan buruh sangat luar biasa besar.

”Dan, saya juga harap orang lain menangkap isi pesan dari kegiatan Local Artisan Festival. Dan, paham kalau ada banyak opsi–opsi untuk tetap living sustainable,” Lanjutnya. (*)

Penulis: Ardimawan Fikri Wibianto

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu