PB IMAKAHI Sambangi FKH PSDKU UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kegiatan Diskusi PB IMAKAHI dengan mahasiswa FKH PSDKU UNAIR Banuwangi. (Foto: Istimewa)
Kegiatan Diskusi PB IMAKAHI dengan mahasiswa FKH PSDKU UNAIR Banuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi, menerima kunjungan dari Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PB IMAKAHI). Kegiatan tersebut berlangsung di ruang kuliah B201 pada Sabtu pekan lalu. Dalam kegiatan tersebut, dihadiri langsung Ketua PB IMAKAHI masa bakti 2019-2020 Arindraka Pratama Mahasiswa FKH Universitas Wijaya Kusuma.

Diawal paparannya, Ketua PB IMAKAHI yang akrab disapa Raka tersebut memaparkan susunan kepengurusan PB IMAKAHI masa bakti periode 2019-2020. Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa program kerja PB IMAKAHI seperti Musyawarah Nasional, Musyawarah Kerja Nasional, Veterinary Science Event Week (VSE), Indonesia Veterinary Student Festival (INTERVAL), Pengabdian Masyarakat Nasional (PENGMASNAS).

Saat ditanya mengenai urgensi IMAKAHI bagi mahasiswa kedokteran hewan khususnya di PSDKU, pemuda asal Jakarta tersebut menyampaikan bahwa semua mahasiswa FKH di seluruh Indonesia yang terdiri dari 11 universitas secara otomatis akan menjadi anggota dan bagian dari IMAKAHI. Tidak hanya itu, imbuhnya, IMAKAHI sebagai organisasi yang sudah mendapatkan legalitas dari Kemenristek Dikti bertanggung jawab untuk menjalankan kurikulum yang dibentuk bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

“Salah satu contoh yaitu Veterinary Integrity and Skill Improvement (VISI). VISI dilaksanakan oleh masing-masing pengurus cabang dan minimal dilaksanakan sebanyak dua kali selama satu tahun masa kepengurusan,” tuturnya.

Materi VISI, lanjutnya, telah mencakup hard skill dan soft skill yang sudah disusun dalam suatu kurikulum. Diharapkan, dengan adanya VISI itu akan menciptakan generasi madani kedokteran hewan yang lebih profesional dan unggul dalam kompetensinya.

“Ada 15 nilai dalam VISI yang akan menunjang kemapuan para lulusan dokter hewan, dan kemampuan tersebut tidak terlepas pada 33 macam profesi dokteran hewan sesuai rekomendasi PDHI,” ungkapnya.

Mengenai hal-hal yang perlu dilakukan oleh mahasiswa kedokteran hewan PSDKU dalam IMAKAHI, Raka menjelaskan bahwa IMAKAHI merupakan wadah bagi semua mahasiswa FKH di Indonesia tanpa terkecuali. Semua, tandasnya, memiliki hak yang sama dalam kepengurusan IMAKAHI.

“Kami berharap agar semakin banyak mahasiswa FKH yang mengikuti Prokernas dan juga kegiatan dari PB IMAKAHI. Karena hal itu sangat menambah pengalaman, wawasan, dan relasi. Disisi lain, poin tambah untuk FKH PSDKU UNAIR bisa lebih dikenal oleh rekan-rekan dari FKH lain,” pungkasnya (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu