Bakti Sosial, Cara Peduli dan Perkuat Silaturahmi FKH PSDKU di SMPLB Negeri Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PEDULI: Agenda rutin bakti sosial FKH PSDKU di SMPLB Negeri Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
PEDULI: Agenda rutin bakti sosial FKH PSDKU di SMPLB Negeri Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi, kembali mengadakan kegiatan bakti sosial yang bertempat di SMPLB Negeri Banyuwangi. Kegiatan bakti sosial yang dilakukan pekan lalu tersebut merupakan kegiatan rutin FKH PSDKU setiap semesternya.

Kepada UNAIR NEWS Nadia Marva Triana selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan (HMKH) PSDKU Banyuwangi menjelaskan bahwa pada tahun ini, kegiatan tersebut sudah memasuki tahun ke lima.

“Untuk panitia pelaksana pada tahun ini berasal dari angkatan 2018. Mereka yang menjadi panitia akrab disebut Mesophoyx,” jelasnya.

Mengenai hal itu, mahasiswa yang akrab disapa Nadia itu mengatakan bahwa mahasiswa memiliki tugas lebih selain melaksanakan pendidikan dalam lingkungan kampus. Mahasiswa, imbuhnya, tidak boleh menutup mata terhadap kesulitan yang ada di sekitarnya.

“Peran yang dapat dilakukan mahasiswa salah satunya adalah dengan mengadakan bakti sosial seperti ini,” tandasnya.

Bakti sosial yang dilakukan di SMPLB Negeri Banyuwangi, tuturnya, merupakan upaya untuk membangun kekeluargaan dengan pihak SMPLB Negeri Banyuwangi yang memiliki 50 siswa berkebutuhan khusus dan 20 diantaranya di asramakan. Banyak pihak yang belum menyadari bahwa siswa-siswa di SMPLB Negeri Banyuwangi membutuhkan bantuan berupa dana maupun materi untuk menunjang keseharian  mereka.

“Selama ini, biaya hidup sehari-hari hanya diperoleh dari beberapa donatur tidak tetap dan guru-guru yang mengabdi disana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan, kegiatan bakti sosial itu sebagai wujud dari rasa kemanusiaan yang dapat mempererat hubungan silaturahmi antara mahasiswa UNAIR PSDKU di Banyuwangi dengan siswa-siswi SMPLB Negeri Banyuwangi. Untuk itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut, sembari menunggu waktu berbuka, berbagai penampilkan dari siswa-siswi SMPLB Negeri Banyuwangi cukup menyita perhatian tamu undangan.

“Ada yang bernyanyi, bermain alat musik dan sebagainya. Dengan segala keterbatasan yang mereka miliki, tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap bisa tampil dan menghibur,” paparnya.

Selanjutnya, ada juga kegiatan diskusi santai antara siswa dan mahasiswa. Para siswa berbagi pengalaman mereka selama bersekolah di SMPLB Negeri Banyuwangi, dan juga bercerita tentang keseharian mereka di bulan Ramadhan. Sebelum berbuka bersama, tim bakti sosial juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kepala sekolah berupa bantuan sembako dan keperluan sehari-hari siswa-siswi SMPLB Negeri Banyuwangi. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu