Ramadhan Harmonis jadi Ajang Silaturahmi dan Berbagi Keluarga Mahasiswa PSDKU

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PENGURUS KM PSDKU Banyuwangi saat melakukan kegiatan berbagi takjil. (Foto: Istimewa)
PENGURUS KM PSDKU Banyuwangi saat melakukan kegiatan berbagi takjil. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS –Ada berbagai cara yang dapat dilakukan bagi umat muslim untuk merayakan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah yang jatuh di Bulan Mei 2019 ini. Salah satunya adalah berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Begitu pula yang dilakukan Departemen Sosial Masyarakat (Sosmas) Keluarga Mahasiswa (KM) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi. Meskipun merupakan program kerja di luar rencana tahunan, namun Departemen Sosmas dengan bantuan Kepala Departemen lainnya sukses menyelenggarakan Ramadhan Harmonis.

Program ini diikuti oleh seluruh pengurus KM PSDKU UNAIR di Banyuwangi periode 2019. Tidak hanya itu, nama yang diambil untuk kegiatan itu pun selaras dengan nama kabinet yang di pimpin Bondan Sigit Purnomo Aji, yakni Kabinet Harmonis. Kepada UNAIR NEWS, Ahmad Rido’I Yuda Prayogi selaku Kepala Departemen Sosmas KM PSDKU menjelaskan bahwa kegiatan Ramadhan Harmonis masih merupakan serangkaian dari program kerja departemennya, yaitu UNAIR Berbagi.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) angkatan 2017 itu menjelaskan bahwa pemberian nama kegiatan Ramadhan Harmonis dengan harapan di bulan yang penuh berkah ini KM PSDKU dapat menunjukkan kekeluargaan dan bekerja sama di bidang sosial untuk berbagi.

“Selepas Ramadhan Harmonis ini, akan diadakan program kerja yang merupakan kolaborasi antara Departemen Sosmas KM bersama Komikat Kerohanian Islam (KKI) PSDKU yang bernama Ramadhan Ceria,” imbuh lelaki yang akrab disapa Yuda ini.

Adapun kegiatan Ramadhan Harmonis dimulai dari persiapan pembuatan takjil, pembagian takjil gratis di wilayah Kampus Giri, berbuka bersama seluruh pengurus KM PSDKU yang kemudian dilanjutkan dengan tarawih berjamaah dan tadarus bersama dengan anggota KKI di Mushola Kampus Giri. Tujuan dari diadakannya rangkaian Ramadhan Harmonis ini, imbuh Yuda, merupakan ajang perekatan hubungan antara anggota KM PSDKU dengan menumbuhkan benih-benih keharmonisan dalam organisasi, serta membentuk jiwa sosial melalui kegiatan berbagi.

“Meskipun kecil, namun jika dilakukan dengan ikhlas, Insya Allah berkahnya dapat diambil hikmahnya. Dan Insya Allah saya harap Departemen Sosmas di periode berikutnya dapat menjadikan program ini menjadi program rutinan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu