FISIP UNAIR Perkuat Hubungan Kerjasama Indonesia dengan United States

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
HEATHER Variava (Deputi Chief of Mission for the U.S Mission in Indonesia) sebagai pembicara dalam kunjungannya ke FISIP UNAIR pada Senin (13/5/2019) di Ruang Adi Sukadana Gedung A FISIP UNAIR. (Foto : Ransis Putra Gaut)

UNAIR NEWS – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) menerima kunjungan Heather Variava (Deputy Chief of Mission for the U.S Mission in Indonesia) pada Senin (13/5/2019) di Ruang Adi Sukadana Gedung A FISIP UNAIR. Kunjungan tersebut bertujuan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia dengan United States.

Prof. Myrtati Diah Artaria, Dra., M.A., Ph.D. selaku Wakil Dekan III FISIP UNAIR mengungkapkan bahwa penting untuk melihat kembali hubungan Indonesia dengan U.S yang telah terjalin selama ini. “Anda semua yang hadir bertemu dengan Ibu Heather pada kesempatan diskusi kali ini sangat beruntung. Pengetahuan berharga tentang hubungan U.S dengan negara-negara di Indo-Pasific, utamanya Indonesia akan saudara dapatkan secara langsung dari Ibu Heather,” tuturnya.

Turut hadir juga dalam diskusi para mahasiswa Hubungan Internasional dari Universitas Pembangunan Negeri Veteran Jawa Timur dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Heather menjelaskan bahwa Indonesia dengan U.S selama ini telah menjalin hubungan dalam bidang sosial, pendidikan, politik, ekonomi, budaya dan keamanan. Kerjasama dalam beberapa bidang tersebut ditujukan agar kedua negara semakin maju dan kuat sehingga tercipta prosperity (kemakmuran).

“Dalam bidang Pendidikan misalnya, ada banyak mahasiswa asal Indonesia yang belajar di U.S. Mereka belajar di sana untuk mengembangkan skill-nya sehingga saat pulang ke sini (Red, Indonesia) dapat memberi kontribusi terhadap kemajuan Indonesia. Sementara dalam bidang sosial, Amerika membantu ketika terjadi bencana di Indonesia seperti bantuan saat tsunami di Palu-Sulawesi kemarin,” ungkapnya.

Heather juga mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang selama ini telah pro aktif mendukung terwujudnya kedamaian di negara-negara Timur-Tengah. Ia berharap agar Pemerintah Indonesia bersama dengan negara-negara lainnya terus menyuarakan terciptanya peacefulness (Kedamaian) di Middle East, utamanya Israel dan Palestina.

Lanjut Heather, ia menyarankan kepada para mahasiswa yang hadir untuk coba mencari beasiswa untuk belajar di U.S. “Gunakanlah social media yang kalian miliki seperti instragam, facebook, dan twitter untuk menemukan beasiswa belajar di U.S karena informasi-informasi mengenai beasiswa sudah ada disitu,” tambahnya. (*)

 

Penulis : Ransis Putra Gaut

Editor : Khefti Al Mawalia

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu