Tingkatkan Kemampuan, D3 Perpustakaan Gelar Workshop Simulasi dan Pelatihan TOEFL

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PELAKSANAAN English for Library, Workshop TOEFL yang diadakan oleh Hima D3 Perpustakaan UNAIR di Aula Lantai III FV UNAIR (9/5/2019). (Foto: Erika Eight Novanty)
PELAKSANAAN English for Library, Workshop TOEFL yang diadakan oleh Hima D3 Perpustakaan UNAIR di Aula Lantai III FV UNAIR (9/5/2019). (Foto: Erika Eight Novanty)

UNAIR NEWS – Seperti yang kita tahu, kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kualifikasi yang wajib dimiliki mahasiswa. Maka dari itu, Divisi Kepustakawanan Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan English for Library Workshop TOEFL. Terutama ditujukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Acara bertajuk ”Smart Solution to Reach Your Big Dream” tersebut sukses digelar pada Kamis (9/5/2019) di Aula Lantai III Fakultas Vokasi, UNAIR.

Acara yang dipersiapkan sejak April lalu itu diikuti sekitar 40 mahasiswa dari berbagai fakultas di UNAIR. Di antaranya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Psikologi (FPSi), Fakultas Vokasi (FV), dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Berbeda dengan seminar pada umumnya, dalam rangkaian acara English For Library tersebut, terdapat tiga sesi. Yakni, seminar, pelatihan dan simulasi TOEFL.

”Menurut saya pribadi, jarang sekali ada seminar yang sekaligus memberikan pelatihan. Jadi, di sinilah menariknya acara kami. Bahkan, selain memberikan seminar dan pelatihan, kami memberikan simulasi tes kepada peserta,” jelas Yulinar selaku ketua panitia saat diwawancarai tim UNAIR News.

Panitia mengundang pemilik Easy, Fast & Simple (EFS) Course Moh. Sholahuddin Ghozali sebagai pemateri pada acara tersebut. Peserta diberikan materi mengenai listening dan grammar. Dilanjutkan pelatihan, dan terakhir setiap peserta melakukan simulasi TOEFL. Peserta dapat melihat hasil simulasi yang telah mereka lakukan bersama sertifikat yang didapatkan.

Bukan tanpa alasan, pemilihan tema acara tersebut berisi harapan agar peserta dapat meraih impian besar mereka. Seperti menempuh pendidikan di luar negeri, mengikuti program pertukaran pelajar, atau menjadi relawan di luar negeri yang mana semua hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan nilai TOEFL yang memenuhi standar.

”Harapan kami, dengan mengikuti kegiatan ini, peserta bisa meningkatkan nilai TOEFL mereka,” ungkapnya.

Seperti yang dikatakan Aldi, selaku ketua hima (Kahima), saat ini seminar dan pelatihan dirasa sangat dibutuhkan mahasiswa. ”Sekarang kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Melalui kegiatan ini, saya berharap ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal peserta. Khususnya mahasiswa D3 Perpustakaan untuk magang di luar negeri,” tuturnya. (*)

 

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu