Lembaga Penyakit Tropis UNAIR Terima Kunjungan dari Dirjen Kekuatan Pertahanan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran (FK) tertua di Indonesia, Universitas Airlangga memberikan perhatian yang besar pada dunia kesehatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya berbagai lembaga yang khusus menangani masalah kesehatan di lingkungan UNAIR. Salah satunya adalah Institute of Tropical Diseases atau Lembaga Penyakit Tropis di Kampus C UNAIR.

”Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga merupakan lembaga pembinaan, pengembangan, serta pengolaan penelitian penyakit tropis yang juga melibatkan beberapa dokter serta profesor dari beberapa fakultas di Universitas Airlangga. Serta, kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri,” ungkap Ketua Lembaga Penyakit Tropis UNAIR, Prof. Maria Lucia Inge Lusida dr., M.Kes., Ph.D., SpMK.

Berbagai inovasi serta penelitian terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Hal itu diwujudkan dengan diterimanya kunjungan dari Direktorat Jendral Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ke Lembaga Penyakit Tropis (LPT) UNAIR pada kamis (9/5/ 2019) di Ruang Sidang Utama LPT UNAIR. Acara itu dihadiri langsung oleh Laksamana Pertama TNI, yakni dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS.

Dalam sambutannya, dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS., menyampaikan beberapa informasi terkait dunia kesehatan, termasuk pengalamannya dalam menangani berbagai kasus wabah penyakit di berbagai negara. Ia juga menyampaikan pentingnya integrasi serta kerja sama dalam bidang kesehatan antara militer dengan lembaga sipil dengan mengoptimalkan sumber daya manusia di Indonesia.

”Ke depannya, kita mengharapkan kerja sama militer dengan sipil di bidang riset, baik dalam hal riset dasar, riset aplikasi, riset tentang obat dan segala macam. Itu yang kita inginkan. Karena, kita nggak mungkin berjalan sendiri, SDM kita nggak cukup, anggaran kita juga terbatas,” ujar Laksamana TNI dr. Arie Zakaria, SpOT, FICS saat ditemui oleh tim UNAIR NEWS.

Setelah melakukan audiensi dengan beberapa kelompok studi, rombongan Direktorat Jendral Kekuatan Pertahanan juga melakukan tinjauan langsung ke beberapa Laboratorium yang terdapat di LPT UNAIR. Misalnya, laboratorium entomology, malaria, dan dengue. Dari kunjungan tersebut, diharapkan akan terjalin kerja sama yang baik antar Militer dengan lembaga sipil pada bidang kesehatan ke depannya. (*)

 

Penulis: Firman Wijaya

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).