Devi Anggraini (kanan) anggota KSR PMI angkatan 25 ketika menerima penghargaan pin emas dari Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Surabaya. (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga (UNAIR) tak henti menorehkan prestasi. Tak hanya di bidang akademik, kali ini UNAIR mendapatkan sebuah penghargaan atas pencapaiannya di bidang pengabdian masyarakat.

Tepat pada 4 Mei lalu, UNAIR menerima penghargaan sebagai institusi terbanyak yang mengadakan donor darah se-Surabaya. Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Sedunia dan Bulan Sabit Merah Sedunia yang ke-155.

Penghargaan berupa pin emas diberikan oleh Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, yang juga sedang merayakan HUT ke-63.

Pin emas itu diperoleh berkat keaktifan UNAIR mengadakan donor darah, yaitu sebanyak lima puluh akli dalam satu tahun. Untuk peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya.

Pin emas diberikan secara resmi pada acara penghargaan yang digelar di Graha Sawunggaling, Surabaya. Prestasi ini menunjukkan bahwa UNAIR dan mahasiswanya benar-benar aktif dalam menggalakkan program donor darah. Pernyataan ini dibenarkan oleh Putra, Komandan KSR PMI UNAIR.

“Tahun ini sudah ketiga kalinya UNAIR menerima penghargaan dari PMI Surabaya. Untuk tahun 2019 saja hingga bulan ini, UNAIR sudah mengadakan enam kali donor darah,” jelas Putra.

KSR PMI UNAIR selaku penghubung antara pihak universitas dengan PMI berharap, tahun ini UNAIR bisa semakin menggiatkan kegiatan donor darah. KSR PMI UNAIR juga siap memfasilitasi fakultas maupun organisasi di UNAIR yang ingin mengadakan kegiatan donor darah.

“Kami berharap, ke depan UNAIR bisa terus mempertahankan penghargaan sebagai institusi penyelenggara donor darah terbanyak,” ujar Putra.

Putra menyampaikan, tahun ini akan diadakan acara Grand Donor Darah sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis UNAIR ke-65. Pada acara tersebut, kegiatan donor darah diadakan dalam cakupan yang lebih luas. KSR PMI telah melakukan sosialisasi terkait acara tersebut pada perwakilan BEM universitas, BEM fakultas, himpunan mahasiswa, dan unit kegiatan mahasiswa.

Pihak KSR PMI juga tak lupa menyampaikan terima kasih pada semua sivitas akademika UNAIR. KSR PMI juga berharap penghargaan ini bisa meningkatkan kepercayaan warga UNAIR terhadap penyelenggaraan kegiatan donor darah. Semoga, UNAIR bisa terus mempertahankan gelarnya sekaligus melatih mahasiswanya untuk lebih peduli pada sesama. (*)

Penulis : Sukma Cindra Pratiwi

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone