UKM KSR PMI UNAIR Juara Nasional di UNY

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Airlangga berhasil menjuarai dua kategori lomba pada UNY National Competition of Volunteer Skills 2019. Event itu dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada Jumat-Minggu (3-5/5/19). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  yang tergabung dalam Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menjuarai dua kategori lomba pada UNY National Competition of Volunteer Skills (UNICOVS) 2019. Kompetisi itu dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada Jumat-Minggu (3-5/5/19).

Pada kejuaraan tersebut, UKM KSR PMI diwakli lima anggota yaitu Banatul Lariza, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Siti Nasikatus dari Fakultas Farmasi (FF). Keduanya tergabung dalam tim kategori lomba pertolongan pertama.

Sedangkan untuk kategori shelter, diwakili oleh Danar Arifka dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Andi Warda mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp), dan Lutfiatur Rohma sebagai official . Perwakilan KSR PMI UNAIR tersebut berhasil meraih Juara II kategori pertolongan pertama dan Juara I tervaforit jurnalistik vidiografi.

Warda salah satu peserta mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan guna mengikuti lomba UNICOVS tersebut sangat lama. Kompetisi tersebut melawati berbagai tahapan seleksi di internal KSR PMI UNAIR, hingga terbentuklah tim yang dikirim untuk mengikuti lomba.

“Untuk persiapan kurang lebih sebulan sebelum kegiatan. Pertama terdapat seleksi internal yang bertujuan mencari wakil dari tiap kategori lomba. Kemudian seminggu sebelum kegiatan, baru diadakan latihan intensif,” ujar Warda.

DARI KIRI: Warda, Dara, Danar, Upik, Sisi anggota UKM KSR PMI menjuarai dua kategori lomba pada UNY National Competition of Volunteer Skills (UNICOVS) 2019. (Dok. Pribadi)

Salah satu perwakilan dalam kategori pertolongan pertama itu membagikan pengalaman pada saat mengikuti lomba. Ia juga berbagi cerita cara mengurangi demam panggung pada saat lomba.

“Rasa grogi itu pasti ada. Akan tetapi dengan mengingat bagaimana persiapan yang kami lakukan, membuat kami semakin optimis serta berdoa dan berserah diri, dapat menghilangkan rasa grogi yang ada,” ucap Warda.

Warda lantas membagikan pengalaman yang ia dapat selama mengikuti kegiatan dan saat menjadi anggota KSR PMI.

“Rasa senang dan bangga saat mendapatkan juara sekaligus mengharumkan almamater tercinta adalah pengalaman yang sangat berharga. Selain itu, dapat bertemu rekan KSR PMI dari universitas lain secara tidak langsung dapat menambah relasi,” imbuhnya. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor   : Binti Q Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu