Indah Azhari Berhasil Menjadi Delegasi Pada IICC Global Youth Muslim Exchange Malaysia 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOTO Indah Azhari (paling kiri) bersama Delegasi International Islamic Cultural Connect Global Youth Muslim Exchange. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Indah Azhari mahasiswi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 2016 menjadi delegasi Program International Islamic Cultural Connect Global Youth Muslim Exchange (IICC) pada Sabtu (11/04/2019)-Senin (13/04/2019) di Kuala Lumpur Malaysia. Indah terpilih setelah melalui berbagai seleksi dari administrasi sampai tahap wawancara.

”Alhamdulillah, sangat bersyukur dapat menjadi delegasi dan mendapat banyak sekali pengalaman, pengetahuan dan relasi selama mengikuti program,” ujar Indah.

Program tahunan yang diselenggarakan tiap tahun di berbagai negara itu bertujuan untuk mewujudkan pola pikir generasi muda muslim yang memiliki wawasan luas, khusunya pendidikan dan budaya Islam. Dalam pelaksanaan, kegiatan itu diisi dengan mengunjungi berbagai instansi pendidikan dan mempelajari budaya Islam disetiap negara tujuan.

Indah Azhari berkesempatan bertemu dengan 6 peserta dari universitas berbeda, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Riau, Universitas Andalas, dan Institut Pendidikan Indonesia.

Selama mengikuti program International Islamic Cultural Connect Global Youth Muslim Exchange, peserta berkesempatan berkunjung ke Kolej Universiti Islamic Anatarabangsa Selangor, Global Halal Support Center, Galeri Bank Negara Malaysia, Masjid Putra, Masjid Asy-Syakirin, KLCC dan Petronas Twin Tower. Menurut Indah kenangan paling berkesan mengikuti kegiatan itu adalah saat berinteraksi dengan mahasiswa di Kolej Universiti Islamic Anatarabangsa Selangor (KUIS) dan Global Halal Support Center.

”Kami disambut oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Majlis Perwakilan Pelajar Universitas, dan perwakilan Mahasiswa Internasional. Saya dapat bertukar cerita mengenai kegiatan perkuliahan, organisasi, dan bertanya terkait aktivitas mahasiswa muslim di KUIS. Ketika saya di Global Halal Support Center, mendapatkan pengetahuan baru tentang ketatnya pengawasan proses distribusi ekspor makanan halal, bukan hanya dari segi komposisi makanan tetapi sampai kebersihan kendaraan yang digunakan untuk pendistribusiannya, ‘hallalan thoyyiban’ bukan hanya sekedar halal tetapi juga ‘thoyyib’(baik),” tambahnya.(*)

 

Penulis : Achmad Ubaidillah Mughni

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).