ABC PSDKU Jadi Wadah Kompetisi Creativepreneur Se-Jatim Bali

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SEMANGAT: Peserta ABC PSDKU tengah berlaga dalam ajang bergengsi tersebut. (Foto: Istimewa)
SEMANGAT: Peserta ABC PSDKU tengah berlaga dalam ajang bergengsi tersebut. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tahun 2019 menjadi tahun kedua dari pelaksanaan Accounting Business Plan Competition (ABC) yang diselenggarakan oleh Departemen Entrepreneur Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi. Pada pelaksanaan jilid kedua ini, ABC sukses mengembangkan jaringan yang awalnya hanya terbuka untuk siswa SMA/SMK sederajat dan mahasiswa berdomisili Banyuwangi, kini terbuka untuk siswa SMA/SMK sederajat dan mahasiswa berdomisili Jawa Timur (Jatim) hingga Bali.

Ditemui oleh tim UNAIR NEWS selepas pelaksanaan acara  (04/05), Batita Yuca Salsabila selaku Kepala Departemen Entrepreneur sekaligus Ketua Pelaksana ABC 2019 menjelaskan bahwa ada banyak perombakan yang dilakukannya bersama tim panitia jika dibandingkan dengan pelaksanaan perdana ABC di tahun 2018.

“Perbedaan yang paling besar adalah domisili peserta yang meluas menjadi Jatim-Bali dan workshop yang tergabung dalam serangkaian ABC. Tahun ini, kami mengundang pemateri sekaligus praktisi dari barista handal di café terkenal yaitu SogokOntong dan pembatik dari outlet Batik Sekar Bakung,” jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswi semester enam di program studi S1 Akuntansi itu menerangkan, tema yang diangkat dari ABC tahun ini adalah Creative Entrepreneur for Better Future . Harapan dari diangkatnya tema ini adalah agar pelaksanaan ABC dapat menjadi wadah bagi generasi milenial dalam dunia bisnis. Adapun 10 tim yang lolos seleksi proposal bisnis dan best video akan diundang dalam pelaksanaan presentasi dan workshop di Aula Minak Jinggo Kabupaten Banyuwangi pada hari Sabtu, 4 Mei 2019.

Tercatat, produk Mie Suweg Sehat Instan (Se-Setan) dari SMK Negeri Ihya’ Ulumudin Singojuruh berhasil membawa pulang penghargaan juara umum ABC 2019. Sementara, runner up ABC 2019 jatuh kepada produk CHOCOLA yakni inovasi masker wajah hybrid antara kakao dan kedelai dari mahasiswa Universitas Jember dan juara ketiga diraih oleh produk Ini Teh Kupi Cascara yang merupakan teh dari limbah kuli kopi excelsa dari mahasiswa PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi.

“Kami selaku Departemen Kewirausahaan dari HMA PSDKU berharap dari diadakannya ABC sebagai kompetisi tahunan ini nantinya dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang kreatif dan inovatif,” pungkasnya menutup.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu