UKM Menwa Kembali Raih Prestasi Kegiatan Menembak Se-Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Eka Candra, anggota UKM Menwa meraih Juara III Fun Shooting kategori kualifikasi Hirbak 3 Senapan, di Detasemen Matra 2 Paskhas Angkatan Udara, Lanud Abd. Rachman Saleh, Malang. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali meraih prestasi pada kegiatan Fun Shooting yang diselenggarakan oleh Satmenwa 870 Turangga Ceta, Universitas Katolik Widya Karya. Kompetisi itu diselenggarakan pada 3-4 Mei 2019 di Detasemen Matra 2 Paskhas Angkatan Udara, Lanud Abd. Rachman Saleh, Malang.

Pada lomba yang diikuti satmenwa dan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) tersebut, satmenwa UNAIR mengirimkan 5 anggota terpilih. Salah satu anggota yang meraih peringkat adalah Eka Candra, anggota satmenwa UNAIR yang berasal dai program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR.

Saat diwawancara, Eka mengungkapkan bahwa terdapat dua kategori lomba, yaitu kualifikasi Hirbak 3 Senapan dan Pistol. Pada kesempatan itu, ia mendapat Juara III kategori kualifikasi Hirbak 3 Senapan.

Alhamdulillah pada kegiatan ini saya mendapat peringkat ketiga dengan perolehan poin 39 dari poin maksimal 50,” ungkap Eka.

Eka mengungkapkan jika pada kegiatan kali ini, ia tidak ada persiapan sama sekali, kecuali modal pengalaman dari kejuaraan menembak sebelumnya dam berdoa kepada sang pencipta.

“Dikarenakan akses yang terbatas untuk penggunaan senjata api kepada masyarakat sipil, sehingga saya hanya mengandalkan ilmu yang didapat pada kejuaraan sebelumnya dan tidak lupa senantiasa berdoa kepada Allah SWT,” tambahnya.

Saat ditanya mengenai lawan terberat pada saat pertandingan, Eka mengatakan lawan terberatnya bukan anggota lain yang sedang mengikuti perlombaan, melainkan diri sendiri.

“Lawan terberat adalah diri sendiri. Karena pada saat memegang senjata dan membidik ke sasaran, disitulah penguasaan diri yang sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai target,” ujar Eka.

Pada akhir wawancara, Eka bercerita tentang pengalaman yang ia dapat selama bergabung dalam organisasi menwa.

“Menurut saya UKM Menwa ini sangat spesial. Karena saya diajarkan tidak hanya ilmu mengenai organisasi, namun lebih dari itu. Saya diajarkan untuk lebuh disiplin dan bertanggung jawab terhadap setiap tindakan yang saya lakukan. Dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi saya,” ucapnya. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor   : Binti Q Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu