Vokasi UNAIR Jalin Kerja Sama dengan 6 Lembaga di China

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyerahan MoU yang sudah ditandatangani oleh Dean of International College, Suzhou Vocational University kepada Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si (kiri). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga terus berupaya mengokohkan diri sebagai fakultas berstadart internasional. Upaya ini dibuktikan dengan kebijakan kerja sama yang tidak hanya dengan lembaga dalam negeri tapi juga luar negeri.

Salah satu dari sekian banyak kerja sama skala internasional yang dilakukan adalah dengan kampus dan lembaga yang ada di China. Seperti pada Senin (29/4) Fakultas Vokasi UNAIR menandatangani kerja sama MoU dengan sebanyak enam lembaga di China. Kerja sama itu nantinya berupa kolaborasi program akademik. Penandatangan MoU berlangsung di Suzhou Vocational University.

Keenam institusi itu adalah Suzhou Vocational University, Zhejiang Business Technology Institute, Jiangsu Agri-animal Husbandry Vocational College, Jiangsu Vocational Institute of Architectural Technology, Jiangsu Vocational College Of Information Technology dan International Cultural Communication Center (ICCC).

Delegasi Fakultas Vokasi UNAIR dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. Retna Apsari, M. Si selaku Wakil Dekan 1. Prof Retna mengatakan bahwa kerja sama ini adalah bagian dari upaya kesungguhan vokasi UNAIR dalam hal internasionalisasi program.

“Pendidikan vokasi harus menyesuaikan kebutuhan nyata di masyarakat. Jalinan kerja sama ini akan mewujudkan hal itu,” terang Prof Retna.

Kerja sama ini tidak hanya dilakukan oleh Fakultas Vokasi. Fakultas Vokasi UNAIR bekerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Wilayah 7 Jawa Timur.

Delegasi yang berangkat adalah 15 orang perwakilan dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia.Yaitu Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara (STTAR Malang), Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI Malang). Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Ichsan Gorontalo Sulawesi Selatan, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta, STIMIK Nusa Mandiri Jakarta, dan Universitas Airlangga.

Penandatanganan kerja sama itu dihadiri oleh pimpinan masing-masing kampus. Rombongan UNAIR diterima oleh Prof. Dr. Zhang Jianjun merupakan Vice Rector of Suzhou Vocational University beserta Dekan dan International Offices perwakilan masing-masing perguruan tinggi. Acara dimoderatori oleh Assoc. Prof. Tang Xiao Jun sebagai Deputy Dean of International College.

Suasana pembahasan MoU di Suzhou Vocational University yang dihadiri oleh delegasi Indonesia dan delegasi perguruan tinggi di Provinsi Jiangsu, China. (Dok. Pribadi)

Di samping penandatanganan MoU, juga dilaksanakan benchmarking ke berbagai laboratorium yang dimiliki oleh Suzhou Vocational University. Laboratotium yang terintegrasi dengan pembelajaran kognitif dengan jumlah kelas maksimal 40 mahasiswa membuat nuansa vokasi yang sesusungguhnya benar-benar terasa. Bencmarking juga dilanjutkan ke stakeholder di industri.

Ke depan, bentuk kerja sama yang akan dilakukan adalah pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan staf kependidikan, kegiatan pendidikan dan pertukaran budaya, pengembangan dosen, kursus dan pengajaran Bahasa, kerja sama proyek penelitian, pembentukan pelatihan bahasa, dan bentuk kerjasama lainnya.

“Implementasi dari kerjasama ini akan dikirimkan mahasiswa untuk student mobility dan dosen untuk mengikuti training internasional TVET (Technical and Vocational Education and Training). Serta, kerjasama riset dan publikasi international untuk bidang-bidang yang sesuai dengan mitra di China,” terang Prof Retna.

Dengan kerja sama ini, diharapkan semakin tercipta semangat internasionalisasi di lingkungan Fakultas Vokasi UNAIR. (*)

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu