Hardiknas 2019, Rektor: Mari Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas untuk Kemajuan Pendidikan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
REKTOR Prof Mohammad Nasih SE., MT., AK., CMA., saat memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di halama Kantor Manajemen Kampus C pada Kamis (2/5/2019). Prof Nasih menekankan pesan tentang kemjuan pendidikan Indonesia menjadi tanggung kawab kita bersama. (Foto: Feri Fenoria Rifa’i)
REKTOR Prof Mohammad Nasih SE., MT., AK., CMA., saat memberikan sambutan dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di halaman Kantor Manajemen Kampus C pada Kamis (2/5/2019). Prof Nasih menekankan pesan tentang kemjuan pendidikan Indonesia menjadi tanggung kawab kita bersama. (Foto: Feri Fenoria Rifa’i)

UNAIR NEWS – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kembali diperingati sivitas akademika Universitas Airlangga di halaman Kantor Manajemen Kampus C pada Kamis (2/5/2019). Dalam peringatan bertajuk upacara bendera Hardiknas 2019 itu, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., memimpin langsung peringatan yang diikuti dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa tersebut.

Kali ini peringatan Hardiknas 2019 mengangkat tema ”Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan dengan Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkreatif”. Dalam sambutannya, Prof Nasih menekankan tanggung jawab dan kewajiban bagi seluruh komponen bangsa dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

”Seluruh komponen bangsa Indonesia ini, semuanya tidak terlepas atas tanggung jawab dan kewajiban akan pendidikan yang lebih baik. Semuanya memiliki tanggung jawab sama-sama. Dalam lingkup mereka masing-masing,” katanya.

Dalam lingkup terdekat, Prof Nasih mencontohkan sinergitas kampus dalam menyokong kemajuan pendidikan bangsa. Seluruh komponen-komponen yang ada di kampus, khususnya UNAIR, seluruhnya memiliki tanggung jawab yang serupa.

”Ini (kemajuan pendidikan, Red) tanggung jawab kita bersama. Tidak ada terkecuali,” ujarnya.

”Rektor punya tugas dan tangung jawab. Dekan serta jajaran pimpinan fakultas punya tugas dan tanggung jawab. Tendik, dosen, termasuk mahasiswa juga semuanya memiliki tugas dan tanggung jawab,” imbuhnya.

Semuanya bersinergi disesuaikan dengan kemampuan setiap komponen kampus. Terutama, mewujudkan pendidikan yang maju dengan mencetak generasi yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter serta beretika sesuai dengan norma-norma agama.

Prof Nasih mengakui bahwa terkait dengan pendidikan, Indonesia menghadapi sejumlah pekerjaan rumah. Jika melihat data, misalnya, lanjut dia, Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) Indonesia masih perlu melakukan upaya-upaya lagi.

Meski, berdasar data BPS (Badan Pusat Statistik), telah terjadi pertumbuhan IPM sebesar 0,58 poin jika dibandingkan dengan poin pada 2017. Pada 2018, poin IPM Indonesia mencapai 71,39 poin.

”Universitas, sebagai salah satu komponen penting dalam mewujudkan kemajuan pendidikan itu, di dalamnya sangat diperlukan sinergitas antar komponen,” sebutnya.

Universitas dalam hal ini UNAIR sebagai lingkup terdekat, ungkap Prof Nasih, memiliki tanggung jawab dan kewajiban memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakat Jawa Timur. Karena itu, antara dosen, pengajar, peneliti, serta tenaga kependidikan sangat memerlukan kerja sama yang sangat baik. Termasuk di dalamnya adalah seluruh mahasiswa.

”Bagaimana mereka (mahasiswa, Red) benar-benar bertanggung jawab menjadi seorang mahasiswa. Sebagai generasi-generasi muda yang kelak menjadi pemimpin bangsa,” tuturnya.

”Dengan belajar dan mengasah diri menjadi seorang yang tak hanya pintar secara akademis, tapi juga pandai dalam bersikap dan menjunjung nilai-nilai kepribadian sebagai bangsa Indonesia,” tambahnya.

SEJUMLAH mahasiswa berfoto bersama seusai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di halaman Kantor Manajemen Kampus C pada Kamis (2/5/2019). Ke depan, Prof Nasih berencana melibatkan seluruh civitas akademika, seluruh mahasiswa, untuk turut serta dalam upacara Peringatan Hari Besar Nasional. Khusunya memupuk patriotism dan nasionalisme. (Foto: Feri Fenoria Rifa’i)
SEJUMLAH mahasiswa berfoto bersama seusai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di halaman Kantor Manajemen Kampus C pada Kamis (2/5/2019). Ke depan, Prof Nasih berencana melibatkan seluruh civitas akademika, seluruh mahasiswa, untuk turut serta dalam upacara Peringatan Hari Besar Nasional. Khusunya memupuk patriotism dan nasionalisme. (Foto: Feri Fenoria Rifa’i)

Seperti halnya, ungkap Prof Nasih, tersemat dalam semboyan UNAIR, yaitu Excellence with Morality. Pemenuhan pendidikan yang terbaik sekali lagi sangat dipengaruhi oleh kerja keras kita bersama-sama di lingkup bidangnya masing-masing.

”Kerja keras harus kita lakukan bersama-sama. Semuanya punya komitmen dan tanggung jawab membangun pendidikan, melalui UNAIR menjadi terkemuka dan pelopor pengetahuan serta teknologi berdasar ilmu agama,” sebutnya.

”Karena itu, mari bersama-sama meningkatkan kapasitas dan kualitas kita bersama-sama. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” imbuhnya. (*)

 

Penulis: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu