Mahasiswa UNAIR Ukir Prestasi di Musabaqoh Hifdzil Quran Tingkat Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MUHAMMAD Fauzan Mubarok dalam Festival Qurani 2019, pada Minggu (28/4/2019) di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mencetak prestasi di kancah nasional. Kali ini Muhammad Fauzan Mubarok, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airangga (UNAIR) berhasil menyabet juara I Lomba Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) 20 Juz tingkat nasional dalam Festival Qurani 2019.

Festival Qurani terdiri dari 6 cabang lomba yakni meliputi MHQ 10 juz, MHQ 20 juz, MHQ 30 juz, Musabaqoh Fahmil Quran, Lomba Karya Tulis Ilmiah Quran dan Tartil serta Hafalan Anak-Anak. Acara tersebut diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu (27/4/2019) hingga Minggu (28/4/2019).

Mahasiswa yang akrab disapa Fauzan itu mengungkapkan bahwa UNAIR merupakan salah satu perguruan tinggi yang sangat kondusif untuk para penghafal Quran. Selain itu UNAIR juga memberikan perhatian yang begitu besar bagi para penghafal.

“UNAIR sudah cukup konsen untuk menunjang mahasiswa menjadi penghafal Quran,” jelasnya.

Pertama, UNAIR memberikan beasiswa khusus untuk para penghafal Quran. Beasiswa tersebut berupa beasiswa bebas Uang Kuliah Tunggal yang tingkatannya disesuaikan dengan jumlah hafalan Quran mahasiswa.

“Jadi bagi temen-temen UNAIR yang hafal Quran ada tambahan motivasi untuk terus menambah, melancarkan, dan menjaga hafalan Quran. Selain itu juga bisa meringankan beban orang tua perihal pembiayaan perkuliahan,” ungkapnya.

Kedua, adanya Unit Kegiatan Mahasiswa yang membantu mahasiswa dalam menghafal Quran. Unit Kegiatan Mahasiswa Tahfidzul Quran (UKMTQ) membantu menciptakan sistem yang kondusif bagi para penghafal Quran. UKMTQ memberikan program pekanan, bulanan, dan lain sebagainya untuk meningkatkan hafalan AL-Quran mahasiswa UNAIR.

“Saya pribadi sangat bersyukur bisa bergabung di UKMTQ,  jadi bisa dipertemukan dengan teman-teman penghafal Quran yang luar biasa,” jelasnya.

Selanjutnya, Fauzan memberikan motivasi kepada mahasiswa UNAIR untuk terus semangat menghafal Quran. Jangan jadikan kesibukan sebagai mahasiswa menghambat dirinya dalam menghafalkan Quran.

“Semakin ke sini saya semakin yakin kalo susah atau bahagia, sulit atau mudahnya berbagai hal dalam hidup itu berbanding lurus dengan seberapa intens dan berkualitas interaksi kita dengan Quran,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).