Mahasiswa UNAIR Berikan Materi Kespro ke SMAN 1 Masalembu

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Anggriani Balasoma, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga memberikan materi kesehatan produksi di SMAN 1 Masalembu, Kabupaten Sumenep. Kegiatan itu dilakukan pada Sabtu (13/2/2019).

Dalam pemaparannya, Anggi menyatakan bahwa materi tentang kesehatan reproduksi diperlukan untuk mencegah adanya seks pra-nikah bagi remaja. Sebab, menurutnya, usia remaja sangat rentan dengan hal tersebut.

”Karena kesehatan reproduksi bagi remaja itu menyangkut sistem reproduksi yang dimiliki remaja. Jadi, itu perlu supaya remaja dapat mencegah adanya hubungan di luar nikah yang terlarang,” tegas mahasiswi asal kota Gorontalo tersebut.

”Masa remaja itu juga masa transisi dari kanak-kanak ke dewasa yang relatif masih labil. Itu karena belum mencapai tahap kematangan mental dan sosial,” imbuhnya.

Di hadapan 230 siswa, dia memaparkan pengetahuan dasar tentang kesehatan reproduksi. Anggi membaginya menjadi tiga hal, yakni, pertama, pengenalan mengenai pemahaman proses reproduksi. Hal itu penting karena jika siswa sudah paham, maka kemungkinan besar siswa tidak akan melakukannya.

Kedua, resiko penyakit. Dengan mengetahui risiko yang mungkin terjadi, remaja akan berhati-hati dalam menjaga kesehatan reproduksi. Apalagi mereka akan berpikir berulang-ulang mengenai risiko akibat penyakit menular seksual seperti sifilis, raja singa, dan HIV.

Ketiga, menghindari kekerasan seksual. Remaja perlu dikenalkan dengan hak-hak reproduksi yang ia miliki. Selain itu, diperlukan pengetahuan tentang kekerasan seksual yang mungkin terjadi. Apa saja jenisnya dan bagaimana cara mencegahnya terjadi.

Dengan informasi tersebut, Anggi berharap remaja dari siswa SMAN 1 Masalembu memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab setelah diberi materi tentang kesehatan reproduksi. Terakhir, dia memberikan semangat.

”Raihlah cintamu yang indah dan penuh barakah dengan pernikahan karena Allah,” pungkas Anggi yang diiringi oleh tepuk tangah serempak dari siswa. (*)

 

Penulis: Fariz Ilham Rosyidi

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).