Kompetisi Internasional Teknik Gigi Jaring Mahasiswa dari Berbagai Kampus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOKUS: Peserta kompetisi waxing membuat malam gigi dalam kompetisi International Waxing and Ortho Competition 2019 yang diadakan oleh Prodi Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. (Foto: Sukma Cindra Pratiwi)

UNAIR NEWSProdi Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) sukses menyelenggarakan salah satu program tahunan mereka yaitu International Waxing and Ortho Competition 2019. Acara yang digelar di Fakultas Kedokteran Gigi Kampus A UNAIR ini diikuti oleh puluhan mahasiswa teknik gigi dari berbagai universitas.

Junifar Aditama selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Gigi mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda tahunan sejak tahun 2016. Menurutnya, tahun ini panitia acara meningkatkan kualitas kompetisi dalam hal teknis acara dan juga tempat penyelenggaraan.

“Kami bersyukur peserta yang berpartisipasi juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, untuk kompetisi waxing ada 25 peserta dan untuk ortho ada delapan tim,” ucap Junifar.

Dibagi dalam dua perlombaan yaitu waxing  dan ortho, kompetisi ini fokus mengasah kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi baru dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, salah satu tujuan diadakannya acara adalah sebagai sarana silaturahmi antar mahasiwa Teknik Gigi.

“Pada kesempatan ini, mahasiswa Teknik Gigi dari berbagai universitas bisa bertemu dan saling berbagi cerita. Tentu saja hal ini juga merekatkan hubungan antar universitas,” jelas Junifar.

“Selain itu, kami juga ingin menjadikan acara ini sebagai sarana branding. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Prodi Teknik Gigi dan apa perannya di masyarakat. Jadi, kami ingin sekaligus mempromosikan prodi kami ini,” lanjutnya.

Acara dibuka dengan technical meeting dan sambutan. Kemudian diisi dengan beberapa hiburan seperti tari tradisional dan penampilan akustik. Setelah itu, para peserta diajak untuk masuk ke dalam laboratorium dan memulai sesi perlombaan.

Peserta kompetisi waxing diminta untuk membuat model malam gigi dengan kriteria tertentu yang ditetapkan panitia. Sementara untuk ortho, peserta fokus pada pembuatan peranti lepasan berupa busur labial dan adams. Setelah itu, panitia menilai hasil kreatifitas para peserta sesuai kriteria penilaian yang ada.

Kompetisi waxing berhasil dimenangkan oleh Felita Ardelia dari Poltekkes II Jakarta, disusul Firdha Meizahrazaq dari D3 Teknik Gigi UNAIR sebagai juara II, dan Santika Handayani dari Poltekkes II  Jakarta sebagai juara III. Sementara untuk kompetisi ortho, juara I, II, dan III diraih oleh mahasiswa D3 Teknik Gigi UNAIR. (*)

Penulis : Sukma Cindra Pratiwi

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).