Gelaran Konser Airlangga Orchestra Mainkan OST Film Populer Dunia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Airlangga Orchestra saat menampilkan musik gubahannya dalam 4th Movie Symphony Concert pada Jumat (26/4/2019) di Gedung Keseninan Balai Budaya Surabaya. (Foto: Dhea Meidiana)

UNAIR NEWS – Aransemen musik dalam 4th Movie Symphony Concert yang dipimpin oleh Eko Salaludin Aziz sukses memukau para audiens pada Jumat (26/4/2019). Konser yang digelar di Gedung Keseninan Balai Budaya Surabaya itu digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Airlangga Orchestra Universitas Airlangga (UNAIR) dan dihadiri oleh mahasiswa, orang tua player, dan masyarakat umum.

Lantunan aransemen musik 4th Movie Symphony Concert yang ditampilkan merupakan gubahan Eko Salaludin Aziz sekaligus konduktor orchestra dan Daniel Kinantyo Christy sekaligus player gitar. Sebanyak 58 players dan satu konduktor terlibat dalam suksesnya konser ke-empat UKM Airlangga Orchestra.

Mereka para players berasal dari mahasiswa aktif UNAIR serta alumni. Ada dua part yang ditampilkan dengan masing-masing part terdiri dari sembilan Original Soundtrack (OST) film populer dunia.

“Kami mengangkat Movie Symphony karena OST saat ini sangat relevan bagi kami. Tetapi mungkin kita jarang mendengar dari sisi orchestra dan mungkin saat kita mendengar itu terlihat sangat enak untuk didengar, simpel, dan mudah,” ujar Gredion Dimas Satriyo Hutomo selaku Ketua 4th Movie Symphony Concert.

Ada dua bagian dalam gelaran konser tersebut. Bagian pertama, opening menampilkan OTS dari Avangers. Disusul kemudian Mission Impossible, The God Father, Bimbang, My Heart Will Go OnLet It Go, Never Enough, James Bond 007, dan Gundam.

Sementara pada part 2, lagu yang dibawakan antara lain Shutsujin, Transformer, Pirates, Beauty and the Beast, A Whole New World, Medley Indonesia, Another Day of The Sun, Medley Kartun, dan Medley Sherina.

Gideon sebagai player gitar pada konser tersebut mengatakan, persiapan yang dilakukan sebelum konser yaitu selama empat bulan lamanya. Dari terselenggaranya 4th Movie Symphony Concert, Gideon berharap masing-masing player dapat berproses untuk meningkatkan levelnya.

Pada kempatan yang sama Dra. Sedianingsih, Ak., M.Si., selaku pembina UKM Airlangga Orchestra juga menyampaikan bahwa 4th Movie Symphony Concert bertujuan untuk menampilkan hasil latihan dari UKM Airlangga Orchestra UNAIR. Sedianingsih mengungkapkan rasa bangganya atas perkembangan UKM yang ia bina. Menurutnya, tahun 2019 peserta konser lebih banyak dan adanya keikutsertaan alumni.

Movie Symphony merupakan konser keempat yang diselenggarakan oleh UKM Airlangga Orchestra UNAIR. Konser ini bertemakan kumpulan OST dari film populer dunia. Tepuk tangan dan dan pujian banyak dilayangkan begitu serangkaian musik ditampilkan di penghujung konser. Terlebih saat penampilan medley kartun penonton ada yang menyoraki dan tepuk tangan yang diberikan sangat meriah. (*)

Penulis: Dhea Meidiana

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu