Belajar Budaya Negeri Gingseng di Korean Culture Day 2019 UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Tidak diragukan lagi budaya Korea saat ini tengah disenangi berbagai kalangan, tak terkecuali mahasiswa. Karena itu, King Sejong Institute (KSI) bekerja sama dengan Dongseo University (DSU) dan Universitas Kristen Petra (UKP) setiap tahunnya mengadakan Korean Culture Day. Acara tersebut diadakan sebagai pengenalan budaya Korea, terutama untuk kalangan mahasiswa yang ingin mempelajari budaya Korea.

Sukses bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNAIR, Korean Culture Day 2019 berhasil diselenggarakan pada Jumat (26/4/2019). Bertempat di UNAIR Kampus B, Gedung FIB Lantai 2 Ruang Chairil Anwar dan Siti Parwati, acara tersebut menarik banyak sekali pengunjung hingga diluar ekspektasi panitia.

Acara tahunan tersebut menyuguhkan berbagai yang penampilan menarik, mulai Opening remarks, Traditional Performances, K-pop Dancer, hingga Korean Singing Performance.

Bukan hanya itu, disediakan pula beberapa booth yang bertajuk “Korean Culture Experiences”. Di antaranya, Korean Traditional Food, Korean Calligraphy, dan Korean Hanbok Photobooth.

Hampir setiap booth ramai didatangi pengunjung. Di Booth Korean Traditional Food, misalnya. Panitia menyediakan 400 porsi makanan tradisional Korea dan langsung habis dalam waktu kurang dari setengah jam.

SALAH seorang pengunjung menuliskan namanya di kerta kecil untuk dibuatkan tulisan berbahasa Korea di kipas di acara Korean Culture Day 2019 di (FIB) UNAIR pada Jumat (26/4/2019). (Foto: Erika Eight Novanty)
SALAH seorang pengunjung menuliskan namanya di kerta kecil untuk dibuatkan tulisan berbahasa Korea di kipas di acara Korean Culture Day 2019 di (FIB) UNAIR pada Jumat (26/4/2019). (Foto: Erika Eight Novanty)

Tidak kalah menarik dari booth lainnya, yakni Booth Korean Calligraphy. Bersama dengan mahasiswa dari DSU, pengunjung bisa mengenal tulisan korea (Hangul ) dengan menuliskan nama mereka masing-masing pada kipas tradisional korea yang telah disediakan.

Menanggapi besarnya antusiasme pengunjung, Gesang Manggala N. P., M.Hum., selaku dosen FIB UNAIR, mengatakan bahwa antusiasme peserta pada acara tersebut benar-benar membludak. Bahkan di luar dugaan panita.

”Antrean pengunjung juga sangat luar biasa, panjang,” katanya.

Panitia berharap, antusiasme pengunjung lebih tinggi lagi ke depan. Gesang juga menambahkan bahwa ke depan panitia harus lebih memperhatikan kapasitas ruangan yang digunakan. Termasuk porsi makanan karena banyaknya pengunjung yang datang.

”Saya pertama kali ikut acara Korea seperti ini. Terutama di lingkungan kampus. Sebab memang sangat jarang”, ungkap Catarina, salah seorang pengunjung.

”Penginnya sih lebih sering lagi diadakan acara seperti ini. Karena menarik banget menurutku. Di sini kita belajar banyak hal tentang budaya Korea,” tambahnya. (*)

 

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).