AUBMO Siap Sambut Mahasiswa Bidikmisi 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SAMBA merupakan kegiatan rutin tiap tahun guna menyambut mahasiswa baru bidikmisi Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)
SAMBA merupakan kegiatan rutin tiap tahun guna menyambut mahasiswa baru bidikmisi Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah berlangsung beberapa pekan lalu. Dari ribuan mahasiswa baru yang diterima jalur SNMPTN 2019 di Universitas Airlangga, terdapat 384 mahasiswa baru sebagai penerima bantuan pendidikan bidikmisi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan mahasiswa bidikmisi akan melalui mekanisme yang berbeda dengan mahasiswa lainya. Karena itu, Organisasi Bidikmisi Universitas Airlangga (AUBMO) melakukan berbagai persiapan untuk membantu proses tersebut.

Diwawancarai UNAIR NEWS pada Jumat (26/4/2019), Ketua Sambut Mahasiswa Baru Bidikmisi (Samba) 2019 Muchlisin menyatakan bahwa Samba merupakan bentuk sambutan bagi mahasiswa baru yang mendapat beasiswa bidikmisi. Baik yang melalui jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN.

Mahasiswa Ilmu Politik 2018 itu menyampaikan, Samba merupakan serangkaian acara yang memiliki beberapa agenda. Agenda yang terdekat, yaitu verifikasi berkas SNMPT yang akan dilaksanakan 29–30 April 2019 dan acara puncak Samba pada 16 Juli 2019. Mengenai persiapan acara tersebut, Muchlisin mangaku presentasenya sudah mencapai 85 persen.

”Untuk saat ini, kita masih belum terlalu fokus ke sambut maba tanggal 16 Juli. Karena masih harus mengurus verifikasi berkas bagi mahasiswa bidikmisi yang diterima jalur SNMPTN,” katanya.

Muchlisin menuturkan, Samba sebagai wadah penyambutan serta pengenalan bagi mahasiswa baru yang mendapat beasiswa bidikmisi untuk lebih mengenal kampus. Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan kebijakan bagaimana seharusnya mahasiswa bidikmisi. Dengan begitu, dapat tercipta insan akademis sesuai dengan tujuan diberikannya bidikmisi.

Sementara itu, menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) AUBMO Ismi Choirunnisa  menuturkan dalam Samba itu selain ada penyambutan, diadakan motivasi bagi mahasiswa baru bidikmisi. Diharapkan dengan adanya motivasi, mahasiswa baru akan lebih bersemangat lagi ketika menjalani kuliah.

Di samping penyambutan serta motivasi bagi mahasiswa, orangtua mahasiswa diberikan berbagai arahan. Orang tua akan diberikan informasi mengenai hak dan kewajiban mahasiswa bidikmisi selama kuliah. Orang tua dari mahasiswa juga diminta untuk selalu memonitor anaknya selama masa kuliah.

”Sebagai mahasiswa bidikmisi harus selalu memperhatikan prestasinya, baik itu akademik yang berupa IPK ataupun non-akademik. Dan, peran orangtua sangat penting dalam prestasi itu,” tuturnya. (*)

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

This post is also available in: English

Berita Terkait

Feri Fenoria Rifai

Feri Fenoria Rifai

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu