Sayembara Puisi dan Etalase Penyair Sambut Hari Puisi Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DUA mahasiswa sedang membaca puisi di hall Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNAIR menyambut Hari Puisi Nasional yang jatuh pada tanggal 28 April. (Dok. Istimewa)

UNAIR NEWS – Menyambut Hari Puisi Nasional yang jatuh pada 28 April, Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar acara pembacaan puisi di hall Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNAIR.

Kegiatan yang akrab disebut Etalase Penyair tersebut digelar pada Kamis (25/4/2019). Selain menjadi program kerja bulanan Divisi Apresiasi Minat Bakat (Apminbak) HMD Sasindo, kegiatan tersebut juga menjadi wadah ekspresi bagi mahasiswa FIB, terutama mahasiswa Sasindo.

Penanggung jawab acara Dendy F. menyebutkan bahwa minat dan bakat mahasiswa dalam bersyair seringkali tidak seimbang. Banyak mahasiswa yang mempunyai bakat, akan tetapi kurang dalam minatnya.

“Kami ingin memberikan wadah bagi mereka yang mungkin masih ragu dan tidak berani untuk bersuara, agar muncul rasa keberanian dan keinginan untuk ikut bersyair pula,” imbuh Dendy.

Sementara itu, ketua divisi Apminbak Aimmatul Husna mengatakan bahwa kegiatan tersebut berbeda dengan kegiatan Etalase Penyair pada tahun sebelumnya. Tahun ini, Etalase Penyair diawali dengan sayembara cipta puisi yang dibuka untuk seluruh mahasiswa FIB.

“Biar seger aja. Supaya tidak hanya baca puisi saja, tetapi penulisan puisi juga diwadahi,” imbuh mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia itu.

Menjadi penanggung jawab acara pula, Anisa Fitri Rahmaniar menuturkan bahwa semakin dengan berkembangnya kualitas kegiatan Etalase Penyair tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dalam pembacaan maupun menulis puisi.

“Kami berharap, Etalase Penyair ini dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat dalam bidang puisi. Sekaligus, meningkatkan kembali pamor dari puisi itu sendiri,” imbuhnya.

Etalase Penyair bulan ini mengangkat tema ‘Sastra dan Manusia’ sebagai implementasi dari setiap elemen kehidupan manusia yang tidak terlepas dari sastra dan bahasa. Selalu ada sisi kehidupan yang memiliki nilai kesusastraannya sendiri. (*)

Penulis: Shofiyyatul Mahrushah

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu