Tingkatkan Rasa Kemanusiaan, KSR PMI PSDKU Banyuwangi Selenggarakan Donor Darah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM KSR-PMI PSDKU UNAIR di Banyuwangi & UDD PMI Kabupaten Banyuwangi usai melakukan kegiatan donor darah. (Foto: Sulistyo Primadani)
TIM KSR-PMI PSDKU UNAIR di Banyuwangi & UDD PMI Kabupaten Banyuwangi usai melakukan kegiatan donor darah. (Foto: Sulistyo Primadani)

UNAIR NEWS –  Komunitas Minat dan Bakat (Komikat) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Sub Unit Program Studi Diluar Kampus Utama (KSR-PMI PSDKU) Univeristas Airlangga di Banyuwangi kembali menyelenggarakan kegiatan kemanusiaan. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (25/4), mengusung program kerja donor darah yang bekerja sama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Banyuwangi.

Ditemui UNAIR NEWS, Alvian Maulana selaku Ketua Komikat KSR -PMI PSDKU UNAIR di Banyuwangi menyampaikan bahwa program kerja tersebut selalu berkoordinasi dan konsultasi dengan UDD PMI Kabupaten Banyuwangi. Baik mulai dari persiapan hingga eksekusi.

“Kegiatan donor darah ini diagendakan dalam satu periode dua kali,” tandasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Alvian itu juga menjelaskan bahwa tujuan dari program kerja rutin donor darah yakni ingin meningatkan rasa kemanusiaan, khususnya kepada mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Dengan meningkatnya rasa kemanusiaan, lanjutnya, mahasiswa bisa lebih peka dan peduli dengan sesama. Pada saat melakukan donor darah, tandas Alvian, mahasiswa juga memiliki kontribusi dalam menyelamatkan kehidupan orang-orang yang membutuhkan darah.

“Donor darah kali ini dibuka untuk sivitas akademika hingga masyarakat umum sekitar kampus. Oleh karena itu, kami gencar melakukan publikasi setiap hari, mulai dari menyadarkan manfaat ketika melakukan donor darah melalui mulut kemulut hingga media sosial  seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologi dan mendeteksi penyakit serius,” ungkapnya.

Menurut mahasiswa Kesehatan Masyarakat PSDKU tersebut, donor darah kali ini mendapat antusias yang tinggi. Tercatat, ada sekitar enam puluh orang termasuk warga lingkungan kampus UNAIR PSDKU di Banyuwangi ikut dalam kegiatan kemanusiaan tersebut. Hal itu, lanjut Alvian, telah melebihi dari target yang semula hanya tiga puluh pendonor.

“Harapan yang paling kami inginkan untuk para mahasiswa kususnya terus ditingkatkan nilai kemanusian dan rasa sosial untuk sesama. Dengan adanya program kerja ini semoga bisa menjadi akses baru untuk teman-teman dalam menebar kebaikan,” pungkas mahasiswa angkatan 2016 tersebut. (*)

Penulis: Sulistyo Primadani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).