Persiapkan PEKSIMIDA, Hima Sasindo Saring Minat Baca Puisi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH satu mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia UNAIR ketika membaca puisi dalam acara Piala Sasindo 2019. (Foto: Shofiyyatul Mahrushah)

UNAIR NEWSMinimnya generasi penerus pembaca puisi di Universitas Airlangga (UNAIR) membuat Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa dan Sastra Indonesia tergerak untuk mengadakan lomba baca puisi. Kompetisi itu diadakan dalam kegiatan Piala Sasindo (Pilsas) 2019.

Ketua Divisi Apresiasi Minat dan Bakat (Apminbak) HMD Sasindo Aimmatul Husna mengatakan, lomba baca puisi tersebut merupakan rangkaian lomba terbaru dalam kegiatan Pilsas 2019.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, Pilsas hanya berupa lomba-lomba olahraga dan permainan. Tetapi tahun ini ada inovasi baru, yaitu lomba baca puisi sebagai wadah untuk menyaring mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam pembacaan puisi,” imbuh mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia itu.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Siti Parwati FIB UNAIR itu diikuti oleh beberapa perwakilan mahasiswa angkatan 2017 dan 2018.

Sementara itu, penanggung jawab Pilsas, Siswanto, menuturkan bahwa lomba baca puisi sengaja dikhususkan untuk dua angkatan. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal kaderisasi mahasiswa dalam bidang minat bakat, terutama baca puisi.  Peserta lomba diharapkan dapat menjadi regenerasi pembaca puisi di lingkungan FIB, khususnya program studi Sasindo.

“Syukur-syukur nantinya peserta lomba dapat maju mengikuti seleksi terbuka yang diadakan UNAIR untuk menjaring mahasiswa yang layak mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA),” imbuhnya.

Lomba baca puisi yang diselenggarakan pada Senin (22/4/2019) tersebut terdiri dari dua kategori. Yaitu kategori putra dan kategori putri. Masing-masing peserta membawakan dua judul puisi. Satu puisi wajib, dan satu puisi pilihan yang telah ditentukan oleh panitia.

Di akhir acara, peserta mendapat evaluasi dari para dewan juri terkait cara membacakan puisi yang baik. Yakni, dengan memperhatikan interpretasi, representasi, artikulasi, dan intonasi yang menjadi kriteria penilaian lomba.

Ketua HMD Sasindo, Mochammad Hidayah Tulloh, menegaskan bahwa selain menjadi program tahunan Divisi Apminbak HMD, Pilsas merupakan salah satu sarana untuk mempererat persaudaran antar angkatan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UNAIR. (*)

Penulis: Shofiyyatul Mahrushah

Ediror: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).