ICoASHE 2019, Rektor: Arsip Menjadi Pijakan Pembangunan untuk Terus Maju

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. Nasih bersama Menteri PAN-RB Drs. Syafruddin (tengah) saat sesi foto bersama seluruh peserta. (Foto: Nuri Hermawan)
Rektor UNAIR Prof. Nasih bersama Menteri PAN-RB Drs. Syafruddin (tengah) saat sesi foto bersama seluruh peserta. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Perguruan tinggi sebagai lembaga ilmiah di Indonesia semakin menunjukkan keseriusannya dalam mengelola arsip. Ini dibuktikan melalui pembentukan Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia (PAPTI) pada bulan Desember 2017.

Dalam rangka agenda tahunan, PAPTI kembali menghelat kongres yang ke-3 bersamaan dengan International Conference on Archives Social Science, Humanities and Education (ICoASHE) 2019. Pada kesempatan kali ini, Universitas Airlangga bertindak sebagai tuan rumah dan bertempat di Aula Garuda Mukti, Kantor Manajemen UNAIR.

Acara yang digelar sejak Minggu (21/4/19) hingga Selasa (23/4/19) ini menghadirkan beberapa pembicara. Yakni, Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H, M.Hum, Dr. Mustari Irawan, MPA, Drs. Syafruddin, M.Si, Jessica Yeo, Zawiyah Mohammad Yusof, Prof.Dr, Hu Chieh-Chien, Ir. Anon Mirmani, S.IP, MIM-Arch/Rec, serta Dr. Andi Kasman M, S.E., M.M dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA.

Dalam paparan pembuka Prof. Nasih mengatakan peran dari kearsipan sungguh sangat luar biasa karena ini akan menjadi pijakan bagi kita semua untuk terus maju dan berkembang. Apalagi dengan berkembangnya revolusi industry 4.0 merupakan tantangan tersendiri bagi dunia kearsipan.

“Oleh karena itu, dalam pengembangan kearsipan diperlukan riset secara mendalam dan terstruktur untuk menuju pengelolaan yang lebih modern dan efektif,” jelasnya.

Selanjutnya, menambahkan pernyataan Prof. Nasih, Ketua PAPTI Nandang Alamsah Deliarnoor memberikan paparan sepurta tantangan ke depan. PAPTI, tandasnya, harus memiliki creative thinking, problem solver dan menyiapkan bahan untuk decision making para pengambil keputusan di negeri ini.

Dalam bidang kearsipan, lanjutnya, perguruan tinggi juga memiliki landasan hukum yang termaktub dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Beberapa diantaranya menjelaskan mengenai kewajiban universitas untuk melaporkan catatan terkait seluruh kegiatan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Perguruan tinggi sebagai organisasi modern juga perlu mengatur arsip berbasis teknologi informasi secara efektif dan efisien menurut kerangka SKN, SIKN dan JIKN,” paparnya.

Paparan ketiga disampaikan oleh pimpinan ANRI, Mustari Irawan. Dalam paparannya ia mengatakan bahwa kesadaran akan arsip masih rendah. Khususnya pada sejumlah instansi pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga tanpa disadari telah mengurangi kualitas layanan publik.

“Gerakan nasional mengenai peningkatan kesadaran akan arsip tidak hanya dilakukan oleh ANRI, tetapi harus melibatkan banyak pemangku kepentingan termasuk universitas,” terangnya.

Sebagai pemapar utama, Menteri PAN-RB Drs. Syafruddin, M.Si., mengatakan bahwa kontes kehidupan tidak bisa lepas dari situasi global. Baik negara, institusi apapun itu, semua sedang berjalan dalam lanskap cepat karena revolusi 4.0.

Karena itu, lanjutnya, dunia telah bersaing di era teknologi yang mendukung pergerakan ekonomi dan  kemajuan negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi yang ada di pemerintahan. Hal itu didukung sitem pemerintahan yang berbasis elektronik akan menjamin data kerasripan yang aman.

“Kearsipan, intinya menjadi indikasi pembangunan sebuah bangsa. Namun upaya ini tidak hanya bisa dilakukan satu unsur. Tapi kita semua, baik pemerintah, lembaga kearsipan, dan perguruan tinggi,” pungkasnya.

Seluruh jajaran penting yang hadir dalam pertemuan kali ini juga menegaskan komitmen pengelolaan arsip dalam pakta integritas serta Memorandum of Understanding (MoU). (*)

Penulis : Nabila Amelia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu