Pantau Progres PKM Lolos Pendanaan 2019, UNAIR dan Garuda Sakti Gelar Regular Meeting 1

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tim PKM didanai saat berkonsultasi dengan dosen pembimbing. (Foto: Muhammad Wildan Suyuti)

UNAIR NEWS – Pelaksanaan implementasi PKM merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh tim yang lolos tahap pendanaan Dikti. Tahun 2019 ada 37 tim PKM Universitas Airlangga (UNAIR) yang lolos tahap pendanaan.

Memasuki bulan pertama pelaksanaan PKM, tim yang lolos pendanaan diberikan ruang untuk menghadiri Regular Meeting (RM) 1 atau berupa monitoring dan evaluasi internal. Hal itu ditujukan untuk memantau, melaporkan progres dan juga berkonsultasi dengan dosen pembimbing atau Tim Pendamping Kemahasiswaan (TPK).

Acara itu berlangsung pada Selasa (16/4/2019) di Aula Kahuripan Lantai 3 Gedung Rektorat Kampus C UNAIR. Dihadiri oleh seluruh tim PKM UNAIR yang lolos dan juga dosen pembimbing serta TPK.

Julyana selaku ketua divisi PKM Garuda Sakti UNAIR menjelaskan bahwa RM 1 bertujuan untuk memantau perkembangan proses pelaksanaan PKM dalam memberikan arahan dan juga motivasi pada tim yang lolos pendanaan.

“Hari ini seluruh tim PKM yang didanai datang semua dan mereka sangat antusias untuk melaporkan progresnya. Hal tersebut harus mereka pertahankan sampai akhir, karena proses pelaksanaan PKM memakan waktu yang Panjang. Harapan yang kita bawa dengan diadakannya kegiatan ini dapat memantau dengan baik ke-37 tim yang lolos dan bisa mengantar mereka menuju PIMNAS 32,” pungkasnya.

Akhmad Afifudin Al-Anshori peraih medali emas pada PIMNAS 31 di bidang PKM-T, tahun ini kembali lolos pendanaan pada bidang PKM-PE. Afif sapaan akrabnya, memberikan sedikit tips bagaimana membuat proposal yang bagus. Menurutnya dalam pembuatan proposal PKM, dibutuhkan kepekaan pada mahasiswa terhadap keadaan di sekitar. Berbagai permasalahan harus dapat dianalisis untuk mendapatkan inovasi baru yang dapat dituliskan untuk proposal PKM.

“Selain hal itu, yang perlu diperhatikan ialah perihal penggunaan literatur terbaru dan juga ketelitian pada syarat administrasi proposal. Karena hal itu merupakan kunci agar proposal kita mendapat nilai bagus dan bisa lolos tahap pendanaan,” tambahnya.

Perlu diketahui, RM merupakan tahapan evaluasi internal UNAIR dan juga sebagai pemantau progress pelaksanaan PKM. Kegiatan itu dilaksanakan secara rutin setiap dua minggu sekali selama proses pelaksanaan PKM. Selain itu juga dilakukan pemantauan dan bimbingan yang terstruktur guna menghindari kesalahan seminimal mungkin dalam pelaksanaan PKM. (*)

 

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor : Khefti Al Mawalia

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu