Rumah Sakit Universitas Airlangga Luncurkan Buku Manajemen HIV/AIDS

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Masih dalam serangkaian acara pendidikan kesehatan, RS UNAIR me-launching buku yang berisi tentang penatalaksanaan kasus HIV/AIDS yang komprehensif dan terkini dengan judul Manajemen HIV/AIDS Terkini, Komprehensif, dan Multidisiplin. Launching buku tersebut dilakukan pada hari pertama Simposium Manajemen HIV/AIDS pada Sabtu (13/4/2019) di Isyana & Rajasa Ballroom, Bumi Surabaya City Resort.

Buku tersebut disusun 71 kontributor yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran (FK) UNAIR.  Namun, selain dokter, buku itu juga ditulis oleh ahli farmasi serta perawat. Tujuannya adalah mencapai sisi komprehensif pada penatalaksanaan HIV/AIDS.

”Kami membuat buku ini sebagai media informasi kepada profesi di luar, terutama profesi yang memiliki minim akses. Yakni, profesi kesehatan di luar Jawa,” terang Cahyo Wibisono Nugroho, dr., Sp. PD. FINASIM, ketua pelaksana simposium dan launching buku saat diwawancarai tim UNAIR NEWS.

”Karena, dalam satu buku ini dapat memberikan edukasi dari berbagai bidang kesehatan sehingga profesi kesehatan yang minim akses tetap dapat memberikan pelayanan kepada pasien dengan maksimal,” tambah Cahyo.

Pada saat bekerja di lapangan, berbagai profesi tidak bisa berdiri sendiri atau bekerja secara sendiri. Karena itu, RS UNAIR memandang sangat perlu untuk menyatukan visi dan misi para profesional kesehatan. Jadi, nantinya akan menjadikan pelayanan pasien, terutama pada pasien HIV, dapat terlaksana secara maksimal. Salah satu bentuk penyatuan visi misi itu adalah melalui buku tersebut.

Buku itu memiliki keunggulan. Yakni, merupakan satu-satunya buku di Indonesia yang membahas manajemen HIV/AIDS dari berbagai bidang. Di dalamnya, buku tersebut sudah berdasar penelitian dan telaah pustaka dengan sistematis berdasar Evidence Based Medicine (EBM) bukan Testimonial Based Medicine (TBM).

”Buku dengan materi HIV/AIDS khusus tentu sudah banyak. Namun, yang ini komprehensif di mana kami membahas dari berbagai sisi. Buku ini satu-satunya di Indonesia,” ujar Cahyo.

Selain menjelaskan informasi umum tentang HIV/AIDS, isi dari buku tersebut juga meliputi manajemen HIV/AIDS dari berbagai macam bidang. Yakni, di bidang penyakit dalam, bedah, dermatologi dan venereologi, paru, jantung dan pembuluh darah, neurologi, kesehatan mata, telinga, hidung dan tenggorokan, kesehatan anak, anestesi dan reanimasi, serta ilmu kesehatan jiwa. Termasuk penjelasan mengenai terapi suportif pada HIV/AIDS dan pemeriksaan penunjang serta materi tambahan HIV/AIDS.

”Buku ini menjelaskan tentang semuanya, sehingga harapan kami dengan  buku ini cukup untuk menjadi tatalaksana pasien HIV /AIDS secara maksimal,” ucap Cahyo.

Pembahasan dalam buku tersebut dilakukan oleh berbagai bidang dan sesuai dengan keahlian masing-masing, secara luas dan dalam. Jadi, diharapkan dengan buku tersebut, pelayanan kesehatan di Indonesia akan jauh lebih baik. Meski, tidak ada spesialis tertentu seperti pada daerah pelosok, pelayanan kesehatan yang maksimal tetap dapat dilaksanakan.

”Dengan buku itu, dokter umum puskesmas pun dapat mengelola penderita HIV di tempatnya, walaupun dengan sumber daya yang terbatas,” pungkas Cahyo. (*)

 

Penulis: Ulfah Mu’amarotul Hikmah

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).