FITOP: Salah satu hasil karya lomba peserta FITOP HIMAKUA PSDKU. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Fisheries Photography Competition (FITOP) merupakan ajang kompetisi fotografi untuk seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia. FITOP diselenggarakan dalam rangka memperingati hari nelayan yang jatuh pada tanggal 6 April 2019.

Kegiatan ini (FITOP, Red) merupakan salah satu program kerja unggulan dari Departemen Relasi Publik Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA). FITOP tahun 2019 merupakan kali kedua terselenggara, setelah tahun lalu berhasil dilaksanakan dalam lingkup universitas.

Ditemui UNAIR NEWS pada (13/3), Rusdi Abdat selaku ketua pelaksana menjelaskan tujuan dari terselenggaranya FITOP. Selain untuk memperingati hari nelayan, FITOP dilaksanakan sebagai upaya untuk mengenalkan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi khususnya program studi Akuakultur.

“Sebagai mahasiswa perikanan sudah seharusnya kan kita ikut serta memperingati hari nelayan. Salah satunya dengan FITOP ini. Sebagai branding fakultas kita diluar juga,” jelas mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan semester II tersebut.

Setelah pendaftaran dibuka pada tanggal 16 Maret 2019, tercatat ada 83 karya yang terkumpul. Karya peserta yang telah dikirimkan, ditampilkan di laman instagram FITOP. Kelayakan karya selanjutnya dinilai oleh para juri. Juri FITOP tahun ini yaitu Pello photostudio, Fernando (juara nikon marathon), dan Imam (freelance fotografer).

Mengenai kriteria penilaian, jelasnya, komposisi foto, pewarnaan foto, makna dalam foto, dan caption yang disertakan menjadi poin penilaian untuk kelayakan karya pemenang. Pemenang dikategorikan berdasarkan 3 juara utama dan 1 juara favorit berdasarkan like terbanyak.

“Pemenang telah diumumkan melalui laman instagram FITOP,” ungkapnya.

Tercatat, Juara pertama FITOP 2019 diraih oleh Umar Abdurrahman Shihabudin dari MA Al-Irsyad Tengaran. Brigita Laras Purbosanti dari Universitas Gadjah Mada menjadi peraih juara 2. Juara 3 diraih oleh Bastian Ragas dari PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Selain itu, peserta asal Universitas Riau atas nama Tio Afandi Nasution menjadi juara favorit FITOP 2019.

“Banyak cara untuk memperingati hari nelayan, tidak hanya melalui FITOP saja. Harapannya sih kedepannya banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk memperingati hari nelayan,” tutup laki-laki yang akrab disapa Rusdi tersebut.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone