Hari Pertama UTBK UNAIR Berjalan Lancar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TENANG: Suasana pelaksanaan UTBK di Universitas Airlangga. (Foto: Nuri Hermawan)
TENANG: Suasana pelaksanaan UTBK di Universitas Airlangga. (Foto: Nuri Hermawan)

UNAIR NEWS – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serentak dilaksanakan perdana pada Sabtu (13/4/2019). Seluruh panitia telah memastikan bahwa pelaksanaan UTBK hari pertama tersebut berjalan dengan baik, lancar, dan aman.

Ketua UTBK UNAIR Junaidi Khotib, Ph.D., bersama tim juga melakukan peninjauan ke tempat-tempat yang digunakan UTBK. Usai melakukan peninjauan, Junaidi didampingi jajaran tim UTBK memberikan beberapa laporan kepada awak media. Dalam paparannya, Junaidi mengatakan bahwa ujian berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah kalau kita lihat dan pantau bersama-sama, UTBK hari pertama ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Tentu, papar Junaidi, hal tersebut tidak bisa lepas dari kerja sama teman-teman yang di lapangan dan juga mereka yang bertugas menyiapkan pelaksanaan UTBK ini sejak jauh-jauh hari. Seluruh ruang yang tersedia, imbuhnya, baik di UNAIR maupun empat kampus mitra seperti UMS, Untag, Unitomo, maupun STIESIA bisa digunakan dengan baik.

“Hanya saja, untuk di UNAIR, dari 38 ruang yang tersedia ada 4 ruang terjadi kendala teknis, tapi alhamdulillah semua itu bisa cepat kami atasi saat ujian belum berlangusng,” ungkapnya.

Sebagai infromasi tambahan bahwa dalam satu kelas, peserta bisa bercampur antara kelompok sosial humaniora (soshum) maupun sains dan teknologi (saintek). Sekali lagi, untuk menjamin ketersediaan klistrik, kami lakukan kerjasama dengan PLN. Demikian juga dengan Telkom Indonesia. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pelaksanaan ujian.

“Untuk melihat hasil ujian, peserta akan mendapatkan hasil ujian melalui akun mereka masing-masing 10 hari setelah ujian,” imbuhnya.

Di pusat UTBK UNAIR, tambah Junaidi, terdapat total 1.450 komputer yang terbagi di 752 ruangan. Di UNAIR sendiri, terdapat 14 lokasi UTBK, baik berada di fakultas maupun di unit kerja. Di antaranya di fakultas kedokteran; fakultas kedokteran gigi; fakultas hukum; fakultas ekonomi dan bisnis; fakultas psikologi; fakultas ilmu budaya; fakultas vokasi; fakultas kesehatan masyarakat; fakultas sains dan teknologi; serta fakultas keperawatan.

“Sementara, di unit kerja, berlokasi di Gedung Pertamina FST; PPMB Kampus C; PIPS Rektorat; dan Perpustakaan Kampus B UNAIR,” tuturnya.

Pada akhir, Junaidi kembali menegaskan bahwa kelancaran dari pelaksanaan UTBK tidak bisa lepas dari peran banyak pihak. Ia juga berharap bahwa semua pihak bisa terus mendukung suksesnya pelaksanaan UTBK sampai akhir Mei mendatang.

“Kami mohon doanya, semoga UTBK ini bisa berjalan dengan baik sampai akhir,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).