Tips Jadi Duta Ala Mahasiswi FKM UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rizka Dara Nabilah saat menjadi Yuk Gresik tahun 2017. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Rizka Dara Nabilah, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan mahasiswi dengan beragam pengalaman menjadi seorang duta dalam sebuat kegiatan. Gelar Yuk (Duta Pariwisata) Gresik 2017 hingga Raki (Duta Pariwisata) Jawa Timur 2018 pernah ia raih. Hingga yang terbaru, dirinya menjadi Duta Lalu Lintas Polisi Resort (Polres) Gresik tahun 2019 pada Selasa (9/4/19).

Selain sering menjadi duta kegiatan, Dara panggilan akrabnya, juga pernah menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Jawa Timur tahun 2014 mewakili Kabupaten Gresik. Selain aktif dalam kegiatan di luar universitas, Dara juga aktif mengikuti kegiatan universitas, Garuda Sakti UNAIR dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR salah satu di antaranya.

“Awalnya saya mengikuti Paskibra Provinsi Jawa Timur pada  2014. Saat kuliah saya ikut Cak Yuk Gresik Tahun 2017. Alhamdulillah saya menjadi yang terbaik dan selanjutnya menjadi wakil Gresik pada Raka Raki Jawa Timur,” ungkapnya.

Banyaknya prestasi dan organisasi yang diikuti, tak lantas membuat Dara tidak mau membagika tips menjadi seorang duta dalam suatu kegiatan. Mulai dari cara berbicara di depan publik dan bagaimana cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi, ia bagi saat wawancara dengan tim UNAIR NEWS.

“Sebenernya inget lagi kewajiban kita yang utama sebagai mahasiswa. Sesibuk apapun, kuliah tetap harus jadi proiritas. Jadwal yang bertabrakan itu sudah biasa. Jika kita banyak mengikuti kegiatan, bagaimana cara kita manajemen waktu adalah kuncinya,” ujar Dara.

Sering manjadi Duta dalam suatu kegiatan, bukan berarti semua berjalan sesuai dengan rencana. Gagal dalam sebuah kompetisi pernah ia alami. Namun, tekad yang kuat membuat ia pantang menyerah. Pernah gagal dalam event fakultas pun pernah ia rasakan.

”Saya sadar jika sebuah kompetisi itu rejeki kita. Saya pernah kecewa dan terpuruk. Tapi mungkin itu belum rejeki saya. Karena tertarik dan penasaran dengan dunia perdutaan menjadikan saya semakin bersemangat mengikuti tiap event yang ada. Alhamdulillah, semakin ke sini saya semakin tau mungkin ini passion saya,” tambahnya. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor    : Binti Q Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu