Mahasiswa FH UNAIR Motivasi Siswa SMP di Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Alma Putri Dhiafira mahasiswi FH UNAIR JADI pemateri pada Interact Leadership Training Seminar (ILTS) dan MACHA Malaysian Charity Trip, yang diselenggarakan oleh Rotary Club Indra Mahkota (15-17/3/19) di Pahang, Malaysia. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Kembali, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Airlangga (UNAIR) mengharumkan almamater melalui UKM Penalaran.  Kali ini UKM Penalaran menjadi wadah bagi Alma Putri Dhiafira, mahasiswi Fakultas Hukum (FH) UNAIR yang menjadi pemateri pada Interact Leadership Training Seminar (ILTS) dan MACHA Malaysian Charity Trip, yang diselenggarakan oleh Rotary Club Indra Mahkota (15-17/3/19) di Pahang, Malaysia.

Mahasiswi yang akrab disapa Dhea itu menjadi salah satu pemateri pada kegiatan tersebut. Pengalaman yang banyak dalam hal menulis dan organisasi serta menjadi Duta Literasi Rotary 2017 menjadi salah satu alasan dari pihak Rotary Club Indra Mahkota menunjuk Dhea sebagai pemateri di ILTS.

Pada kegiatan tersebut Dhea memberikan materi kepada pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sebagian besar bergabung bersama organisasi internasional Rotary.

Selain memberikan materi, Dhea juga berpesan bahwa impian itu tidak hanya sebuah cita-cita, namun bagaimana seseorang bisa mewujudkan passion juga merupakan sebuah impian. Pada kesempatan yang sama, mahasiswi FH program internasional itu juga mengikuti kegiatan sosial bersama anak-anak disabilitas.

“Pada kegiatan itu saya ikut dalam kegiatan menghias ruangan baking roti dan menjahit tas dengan teman-teman penyandang disabilitas. Tak lupa, saya berpesan kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut bahwa sebuah impian itu tidak hanya tentang cita-cita seperti menjadi dokter, apoteker, dll. Intinya, jangan hanya mempunyai cita-cita dalam bentuk pekerjaan, namun juga dalam bentuk passion yang dapat bermanfaat bagi orang di sekitar kita,” ujar Dhea.

Pada akhir wawancara, Dhea juga membagikan tips agar kegiatan akademik dan non akademik dapat berjalan dengan baik, meskipun banyak mengikuti kegiatan.

“Intinya kita harus tetap fokus dan membuat agenda yang kita lakukan hari ini dan what should I do tomorrow,” tambahnya.

Selain sering mengikuti kegaiatan di luar negeri, Dhea juga sering meceritakan pengalaman yang ia dapatkan melalui tulisan. Tercatat, ia sudah menerbitkan sebuah buku berjudul Kisahku sebagai Exchange Student yang sudah masuk cetakan kedua.

So far, saya sudah menerbitkan satu buku dan sudah masuk cetakan kedua dan Alhamdulillah, buku tersebut sudah lolos pengadaan buku negara 2019,” ujar Dhea. (*)

Penulis : Faisal Dika Utama

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).