Tips Ikuti Jenjang Master Degree di Singapura Ala Kaplan Edupac

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
INFO Session Bersama Kaplan Edupac. (Foto: Muhammad Wildan Suyuti)

UNAIR NEWS – Dewasa ini pendidikan jenjang Master menjadi sebuah kebutuhan utama yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Persiapan yang dimiliki juga harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh kampus tujuan. Apalagi jika ingin kuliah Master di luar negeri yang tentunya menetapkan banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Menyadari hal tersebut, Airlangga Global Engagement (AGE) menggandeng Kaplan Edupac Surabaya mengadakan info session yang berlangsung pada Jum’at (5/4/2019), di Kahuripan 301 Gedung Manajemen Kampus C UNAIR. Acara itu berlangsung dengan tiga materi utama, yakni TOEFL, kehidupan kampus di Singapura, dan how to make a great essay.

Kegiatan itu bertujuan agar mahasiswa UNAIR memiliki semangat untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di luar negeri. Sekaligus memotivasi mahasiswa dalam memberikan wawasan mengenai persyaratan dan juga persiapan yang harus dilakukan dari sekarang.

Syarat utama yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yakni memiliki kemampuan komunikasi bahasa inggris yang efektif untuk mempermudah mahasiswa melakukan test TOEFL. Oleh sebab itu, mahasiswa sudah seharusnya berlatih dan mengikuti kursus bahasa inggris guna mempersiapkan diri untuk seleksi kelak.

Christian Sutisna salah satu pemateri dari Kaplan yang hadir menyampaikan bahwa kehidupan kampus di Singapura tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Disana juga terdapat kegiatan ekstra yakni organisasi dan forum keluarga mahasiswa Indonesia. Kegiatan itu dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang ingin bergabung.

“Di Singapura sistem kontrak tempat tinggal bukan setahun, melainkan dua bulan. Ini memudahkan bagi kalian yang sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Juga terdapat tempa-tempat menarik untuk belajar maupun belanja yang bisa kalian kunjungi disana,” tambahnya.

Selain itu, Mr. Tangkas Priambodo yang juga turut hadir memberikan materi mengenai “How To Make A Great Essay” menerangkan bahwa essay merupakan syarat yang diajukan oleh setiap kampus di luar negeri untuk menyeleksi calon mahasiswanya. Oleh karena itu membuat essay personal merupakan hal yang krusial.

“Ketika kalian membuat essay jangan menggunakan bahasa berbelit yang membingungkan, namun kalian harus mengungkapkan diri kalian dari sisi yang unik dan alasan kalian mendaftar di jurusan yang kalian pilih. Juga jangan memasukkan pernyataan yang tidak penting sekaligus memaksa pihak kampus untuk menerima kalian,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa melakukan persiapan untuk meraih pascasarjana di luar negeri memang sudah sepantasnya dilakukan oleh mahasiswa. Utamanya belajar menggunakan bahasa inggris yang efektif. (*)

 

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Khefti Al Mawalia

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu