Komikat Bola Voli PSDKU Siapkan Anggota untuk Berlaga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM Komikat Bola Voli PSDKU usai melakukan latihan rutin. (Foto: Istimewa)
TIM Komikat Bola Voli PSDKU usai melakukan latihan rutin. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi memiliki beberapa Komunitas Minat dan Bakat (Komikat) di bidang olahraga. Salah satu komikat di bidang olahraga yang banyak diminati oleh mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi adalah Komikat Bola Voli.

Komikat yang saat ini di ketuai oleh Aziziah Maghfiroh itu, terus berbenah untuk persiapan LIVOMA (Liga Voli Mahasiswa) 2019. LIVOMA merupakan laga bola voli bergengsi antar kampus se Indonesia.

Ditemui UNAIR NEWS pada pekan lalu, mahasiswa yang akrab disapa Ziah tersebut menjelaskan terkait capaian dan kiatnya untuk Komikat Bola Voli PSDKU di LIVOMA tahun ini. Selain latihan rutin setiap hari Selasa dan Kamis, laga persahabatan antar kampus dilakukan sebagai kiat untuk meningkatkan kemampuan tim.

“Saat ini kami sedang fokus untuk persiapan LIVOMA 2019. Untuk persiapannya lebih ke optimalisasi latihan rutin dan laga persahabatan antar kampus. Latihan rutin dilakukan di lapangan futsal PSDKU Banyuwangi. Dimulai pada pukul enam sore dan berakhir hingga pukul tujuh malam,” ujar mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan itu.

Tak hanya itu, lanjutnya, usai latihan evaluasi dilakukan untuk terus memperbaiki kualitas anggota melalui video yang diambil saat latihan rutin maupun laga persahabatan tengah berlangsung. Nantinya, evaluasi juga bakal dilakukan bersama-sama dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Bola Voli UNAIR di Surabaya.

Perihal keanggotaan, mahasiswa semester empat tersebut mengatakan bahwa Komikat Bola Voli saat ini beranggotakan 25 orang mahasiswa yang berasal dari seluruh fakultas di PSDKU Banyuwangi. Mengenai turnamen yang pernah diikuti, lanjutnya, beberapa turnamen telah diikuti oleh Komikat Bola Voli.

Tercatat pada tahun 2017, Komikat Bola Voli PSDKU berhasil lolos delapan besar pada turnamen yang dilaksanakan di daerah Jambesari dan Bulusan. Selain itu, pada tahun 2018, tim Komikat Bola Voli PSDKU juga berhasil lolos delapan besar pada turnamen bola voli di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Banyuwangi.

“Bola voli kan saat ini banyak diminati ya, jadi harapannya agar kita bisa kirim tim di laga nasional tidak lagi hanya di regional saja. Hal ini tentu tidak terlepas dari dukungan mahasiswa PSDKU. Bentuknya dengan bergabung menjadi anggota di Komikat Bola Voli PSDKU,” pungkas Ziah.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Achmad Chasina Aula

Achmad Chasina Aula

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi