Joshua Wakili Indonesia Raih Beasiswa Pertukaran Mahasiswa ke Rumania

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
JOSHUA Aji Nimpuna (empat dari kanan) bersama mahasiswa dari Uni Eropa saat berada di Rumania. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS Belajar ke luar negeri adalah impian bagi banyak mahasiswa. Tak terkecuali Joshua Aji Nimpuna, mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga. Joshua, sapaan akrabnya, terbang ke Rumania setelah menerima beasiswa pertukaran mahasiswa “European Region Action Scheme for the Mobility of University Student” atau yang biasa dikenal Erasmus+.

Joshua yang juga dikenal sebagai Duta FEB tahun 2016 dan Duta UNAIR pada 2017 mendapatkan beasiswa program pertukaran melalui beberapa tahap seleksi. Seleksi yang dilakukan pada Mei 2018 membuahkan hasil yang membanggakan. Ia terbang ke Rumania pada 22 Februari 2019. Bukan hanya mewakili UNAIR, ia adalah satu-satunya mahasiswa dari Indonesia yang diterima pada tahun ini.

“Jadi dulu ada seleksi program Erasmus+ di FEB. Aku coba saja daftar siapa tau lolos,” ungkap Joshua via telepon.

“Waktu itu applynya ke Turki, puji Tuhan, sama Dekanat dinyatakan lolos dan negara tujuannya dipindah ke Rumania,” tambahnya.

Joshua berkesempatan belajar di Universitatea Lucian Blaga din Sibiu bersama mahasiswa dari negara Uni Eropa. Program pertukaran mahasiswa yang ia ikuti itu akan berlangsung sejak Februari hingga Juni 2019.

Lebih dari satu bulan di Rumania, mahasiswa asal Kota Batu ini mendapatkan pengalaman belajar dan bertemu dengan mahasiswa dari negara Uni Eropa. Sebagai wakil dari Indonesia bahkan Asia, ia sangat antusias dan tidak malu menunjukkan identitasnya. Ia menambahkan bahwa mahasiswa di Rumania sangat welcome dengannya.

Sistem perkuliahan yang ia tempuh di Universitatea Lucian Blaga din Sibiu tersambung dalam google class. Joshua juga menjelaskan bahwa European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS) yang ia ambil dapat ditransfer ke sistem kredit semester (SKS) di UNAIR.

“Selain belajar, program ini juga memfasilitasi mahasiswa yang mau belajar juga di luar negeri,” ungkapnya.

“Aku ikut program ini murni exchange selama satu semester di bidang yang sama (manajemen, Red),” tambahnya.

Tak hanya itu, Joshua memberikan motivasi kepada setiap mahasiswa UNAIR untuk tidak minder belajar dengan mahasiswa luar negeri. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa Indonesia disegani di luar negeri.

“Sebenarnya keahlian kita tidak kalah dengan mereka (mahasiwa luar negeri, Red) selama kita percaya diri,” ungkapnya. “Jangan takut bermimpi. Mimpi diimbangi dengan usaha dan doa pasti ada jalan untuk meraihnya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Aditya Novrian

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).