KKI PSDKU Banyuwangi Siap Tebarkan Semangat Dakwah dan Nilai Islami

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SEBAGIAN Anggota Komikat Kerohanian Islam PSDKU UNAIR Banyuwangi sesaat usai kegiatan bersama. (Foto: Istimewa)
SEBAGIAN Anggota Komikat Kerohanian Islam PSDKU UNAIR Banyuwangi sesaat usai kegiatan bersama. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Komikat Kerohanian Islam atau yang sering disebut KKI merupakan sebuah wadah pergerakan dakwah Islam di kalangan mahasiswa Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlalngga (UNAIR) Banyuwangi. KKI sendiri merupakan perwujudan dari gerakan dakwah Islam oleh mahasiswa yang merasa peduli terhadap kondisi dan eksistensi Islam di kampus.

Ditemui UNAIR NEWS pada pekan lalu, Adam Fahmi Fiqih selaku ketua umum menjelaskan, KKI PSDKU di Banyuwangi merupakan organisasi mahasiswa yang baru saja berdiri pada tahun 2019. Secara fungsi, lanjutnya, KKI merupakan organisasi yang menjadi wadah bagi mahasiswa muslim yang ingin memperdalam ilmu keagamaannya, menyebarkan kebahagiaan, dan berdakwah di jalan Allah SWT.

Untuk kepungurusan pada tahun 2019, terangnya, KKI PSDKU ada beberapa divisi seperti Divisi Syi’ar, Divisi Publikasi,  Divisi Humas, Divisi Kaderisasi, Divisi PBA (Pembinaan Baca al Qur’an), dan Divisi Seni & Religi .

“KKI juga menjadi pelaksana event-event keagamaan umat Islam di kampus PSDKU Banyuwangi dan juga lingkungan sekitarnya. Kami juga memiliki tujuan untuk menyebarkan dakwah di seluruh tempat yang mungkin dan bisa kami jangkau,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Adam itu.

Diawal paparan, Adam juga menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksnakan oleh KKI PSDKU lebih banyak berfokus pada peran mahasiwa sebagai pemuda yang tetap berpegang teguh pada nilai-nilai agama. Pasalnya, mahasiswa merupakan para pemuda harapan bangsa yang dapat membawa perubahan positif untuk negara tercinta.

“Mahasiswa juga salah satu unsur pada masyarakat kampus yang berperan penting bagi perkembangan, pembaharuan, dan perbaikan peradaban manusia ke depan” ungkapnya.

Lebih lanjut, Adam menjelaskan, aktivitas KKI PSDKU juga berperan aktif sebagai gerakan moral untuk menyerukan tata peradaban kemanusiaan yang berdasarkan pada nilai-nilai universal wahyu Tuhan. Sehingga, lanjutnya, hal itu dapat mewujudkan Islam sebagai ramat semesta alam

“Seruan ini dalam rangka perjuangan berkelanjutan untuk menegakkan nilai kebaikan universal dan meruntuhkan tirani kemungkaran atau yang biasa disebut amar ma’ruf nahi mungkar,” tandasnya.

Pada akhir, Adam menegaskan bahwa hadirnya KKI PSDKU diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa agar mampu mengendalikan serta menghindari diri dari pergaulan bebas. Untuk itu, ia juga berharap bahwa dukungan dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal sangat penting.

“Tentu semua itu demi terlaksananya kegiatan-kegiatan KKI PSDKU dengan baik dan sukses,” pungkas mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan itu. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu