KSR PSDKU Siap Tebar Kebaikan dan Lakukan Misi Kemanusiaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ANGGOTA Komikat KSR PSDKU usai melakukan pelantikan. (Foto: Istimewa)
ANGGOTA Komikat KSR PSDKU usai melakukan pelantikan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Korps Suka Relawan atau KSR merupakan salah satu Komikat (Komunitas Minat dan Bakat) di Kampus PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Komikat KSR menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin menjadi sukarelawan di bidang kemanusiaan.

KSR PSDKU Banyuwangi dirintis sejak tahun 2016 oleh Bintang Aji Pangestu, mahasiswa FKM 2016 bersama teman satu kelasnya, Alfian Maulana. Setelah satu tahun merintis, akhirnya di tahun 2017 KSR PSDKU Banyuwangi diresmikan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) cabang Banyuwangi. Acara peresmian berdirinya KSR PSDKU Banyuwangi tersebut sekaligus melantik Bintang sebagai ketua KSR pada saat itu.

Ketika ditemui UNAIR NEWS pada Kamis (28/3), Alfian Maulana selaku ketua KSR saat ini menjelaskan latar belakang didirikannya KSR PSDKU. Menurutnya, KSR PSDKU merupakan upaya dan media untuk mewadahi mahasiswa dalam membantu sesama. Selain itu, KSR PSDKU juga bisa menjadi komikat yang mampu memberikan ilmu dan wawasan kepalangmerahan di PSDKU.

Menepis adanya anggapan bahwa KSR PSDKU adalah komikat yang diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat saja, mahasiswa yang akrab disapa Alfian itu menuturkan bahwa semua mahasiswa PSDKU Banyuwangi bisa menjadi anggota KSR. Bahkan, tercatat ada 30 mahasiswa yang bergabung dengan KSR PSDKU merupakan gabungan dari semua program studi yang ada di lingkungan PSDKU.

“Untuk keanggotaan KSR hingga saat ini telah mencapai sekitar 30 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa dari empat fakultas di PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi,” paparnya.

Mahasiswa asli Banyuwangi tersebut juga mengungkapkan bahwa salah satu upaya realisasi dari tujuan kemanusiaan KSR adalah dengan mengadakan donor darah. Dia berharap kegiatan donor darah dapat  dilakukan di kampus PSDKU tahun ini, mengingat program tersebut tidak terlaksana di tahun sebelumnya.

“Kami juga mencatat gologan darah dari anggota-anggota. Tujuannya adalah sebagai database apabila nanti dibutuhkan pada saat-saat mendesak, ” tandasnya.

Pada akhir, Alfian menjelaskan bahwa ke depannya, dia berharap agar pengurus lebih giat lagi menjalankan niat suci mereka di KSR. Tidak hanya itu, ia juga berharap agar anggota KSR PSDKU selalu aktif menyebar kebaikan dalam hal kemanusiaan.

“Dan tentu anggota juga lebih giat melakukan donor darah serta yang pasti lebih giat lagi untuk membranding PSDKU dengan sosialisasi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan sosial,” pungkasnya. (*)

Penulis: Diah Susi Kusumawati

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).