FISIP UNAIR Dorong Lulusan Lahirkan Publikasi Internasional Terindeks Scopus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KETUA Prodi Media dan Komunikasi UNAIR Dr. Santi Isnaini S.Sos., MM (keempat dari kiri) di FISIP UNAIR. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Program Studi S2 Media dan Komunikasi (Medkom) Universitas Airlangga mewajibkan lulusannya membuat artikel jurnal internasional terindeks Scopus. Sejalan dengan Surat Keputusan Rektor UNAIR Nomor 03 Tahun 2019, mengamanatkan lulusan S2 UNAIR memiliki jurnal internasional terindeks Scopus.

”Penyelenggaraan konferensi internasional merupakan salah satu upaya prodi untuk meningkatkan publikasi internasional. Baik untuk dosen maupun mahasiswa. Hal itu bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa guna dapat memenuhi syarat kelulusan yang mengharuskan mereka memiliki publikasi. Tindak lanjut makalah diharapkan bisa masuk di jurnal internasional terindeks scopus,” ungkap Dr. Santi Isnaini S.Sos., MM selaku ketua Prodi Media dan Komunikasi UNAIR.

Mengambil tema Strengthening Media and Communication through digital Transformation, konferensi itu akan menjawab kehadiran revolusi industri 4.0 pada era digital. Para peserta juga menjadi lebih luas dalam mengulas sebuah penelitian, termasuk isu politik pada era tahun politik.

International conference kali ini akan menghadirkan keynote speaker yang ahli di bidangnya. Yakni, Prof. Dr. Henri Subiakto, Drs., S.H., M.A (UNAIR); Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc (Universitas Hasanuddin Makassar); Dr. Norizan Anwar (Universiti Teknologi MARA Malaysia); dan Dr. Daphane Tatiana Tolentino Canlas, PhD (University of Philippines Diliman).

”Konferensi itu akan diikuti oleh 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Dibanding tahun sebelumnya, kami memperoleh antusiasme lebih dari peserta. Semoga mereka positif menjadi peserta kita,” ujarnya.

Selain itu, Santi mengharapkan adanya penyelenggaraan konferensi internasional. Hal itu diharapkan dapat semakin meningkatkan kondusivitas suasana akademik dan literasi publikasi internasional. Baik produksi maupun konsumsi. Utamanya bagi sivitas akademika Prodi S2 Media dan Komunikasi UNAIR.

Paper terpilih rencananya akan dipublikasikan dalam proceeding internasional terindeks Scopus. Sedangkan yang tak terpilih akan diterbitkan dalam  ber-ISBN,” tambahnya. (*)

 

Penulis: Khefti Al Mawalia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).