UNAIR Tuan Rumah Kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia (PAHI) yang diselenggarakan di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen UNAIR, Sabtu (30/3/2019). (Dok. Istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga menjadi tuan rumah penyelenggaraan kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia (PAHI) yang pertama. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sebagai universitas negeri, kongres PAHI itu dilaksamakan di kampus UNAIR dan dihadiri oleh lebih dari 40 peserta, baik dari kalangan akademisi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kongres diselenggarakan di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen UNAIR, Sabtu (30/3/2019). Kongres bertema ‘Asosiasi Auditor Halal Memperkuat Implementasi Jaminan Produk Halal di Indonesia’ tersebut dilaksanakan untuk membentuk formatur Kongres PAHI 2019. Luaran kongres diharapkan dapat menjadi salah satu komponen pendukung dibentuknya kurikulum halal.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Halal UNAIR tersebut terdiri dari tiga sesi, pembacaan AD/ART, kode etik auditor, dan usulan program kerja bagi kepengurusan PAHI 2019.

Mustofa Helmi Effendi (kanan) dan Prof Widayat (kiri) bersalaman usai putusan sidang kongres pada Sabtu (30/3/2019). (Foto: Istimewa)

Terdapat tujuh formatur yang dicalonkan dalam panitia pengarah dan atau peserta. Sementara calon formatur adalah peserta penuh kongres dari panitia pengarah dan atau peserta.

“Ada tujuh formatur yang terpilih pada sidang kongres ini,” ujar ketua kongres PAHI 2019 Prof. Dr. Widayat, ST., MT.

Ketujuh formatur merupakan hasil dari usulan serta voting yang diberikan oleh peserta auditor yang hadir dari seluruh Indonesia. Sementara dari sidang yang telah dilakukan, ketua terpilih adalah Dr. H. Mustofa Helmi Effendi drh., DTAPH dengan wakil ketua Prof. Dr. Widayat, ST., MT. yang memperoleh tujuh belas suara dari sejumlah peserta yang hadir dalam ruangan.

“Pengadaan kongres ini diharapkan mampu memberikan kontribusi baik untuk negara kita maupun kemaslahatan umat Islam,” ujar Wakil Rektor I UNAIR Prof. Djoko Santoso saat menyampaikan harapan dari penyelenggaraan kongres tersebut.

Prof. Djoko juga menyampaikan bahwa sedapat mungkin pelaksanaan kinerja PAHI ke depan dapat digunakan sebagai bahan kajian. Selain itu, Prof. Djoko berharap, penjaringan auditor tersebut akan menambah kelengkapan dalam menjalin sinkronisasi antara UNAIR dengan kampus lainnya. (*)

Penulis: Dhea Meidiana

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).