Menguak Erat Kekeluargaan Komikat Persaudaraan Setia Hati Terate PSDKU

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KOMIKAT PSHT PSDKU saat latihan fisik untuk kekuatan tangan dan pukulan. (Foto: Istimewa)
KOMIKAT PSHT PSDKU saat latihan fisik untuk kekuatan tangan dan pukulan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – PSDKU Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi memiliki beberapa komikat bela diri. Diantaranya ialah komikat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Didirikan pada tahun yang sama dengan lahirnya PSDKU UNAIR di Banyuwangi, keanggotaan PSHT berasal dari mahasiswa angkatan 2016 hingga 2018. Selain itu, juga terdapat anggota dari sekolah dasar hingga sekolah menengah akhir di daerah Banyuwangi.

Selain untuk mengarahkan minat dan bakat mahasiswa, Komikat PSHT juga bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar dapat melindungi diri melalui seni bela diri. Kepada UNAIR NEWS (26/3), Cici Farista selaku ketua menjabarkan arah PSHT untuk ke depannya. Menurutnya, PSHT mengedepankan persaudaraan dan kekeluargaan dalam kegiatannya. Hal iitu ditunjukkan dengan kongko bersama anggota PSHT lain diluar latihan rutin.

“Untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara anggota, kami sering berkunjung ke anggota-anggota PSHT lainnya. Lebih ke sharing kendala-kendala yang dihadapi lah. Sehingga bisa dipecahkan bersama,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, pertandingan persahabatan kerap kali dijadwalkan. Selain untuk ajang branding dengan PSHT lain, pertandingan persahabatan dilaksanakan untuk “sambang” sepersaudaraan. Untuk itu, setiap hari Selasa dan Kamis Komikat PSHT melaksanakan latihan rutin untuk mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan.

Sejauh ini, terangnya, Komikat PSHT PSDKU UNAIR telah mengirimkan banyak delegasinya untuk mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan oleh berbagai asosiasi PSHT. Tercatat, pada Tahun 2016, kontingen dari PSDKU UNAIR berlaga di Universitas Jember (UNEJ) Cup 2016 dan berhasil menyabet juara 2 seni tunggal putra.

“Pada kepengurusan tahun ini, PSHT PSDKU UNAIR memiliki kiat khusus untuk menunjukkan eksistennya kembali pada laga kejuaraan PSHT. Dengan memperbaiki kualitas pelatih serta efektivitas latihan rutin dan pertandingan persahabatan yang dilaksanakan,” paparnya.

Untuk menyukseskan kiat-kiat itu, imbuhnya, PSHT saat ini telah difasilitasi dengan sarana dan prasaran untuk latihan rutin maupun sparing. Diantaranya seperti ruang latihan in door yang dilengkapi dengan matras.

“Sehingga harapannya tahun 2019 ini PSHT UNAIR bisa bawa medali di laga kejuaraan. Karena PSHT UNAIR ini sudah terfasilitasi dengan sangat baik loh. Tinggal komitmen dan tanggung jawab dari anggota saja yang harus lebih ditingkatkan,” tutup mahasiswa semester IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut. (*)

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).