Kemuslimahan UKMKI UNAIR Gelar Grand Launching MASKARA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Drg. Luluk Farida saat menyampaikan paparannya terkait muslimah tangguh di era millennial dalam Talk Show Grand Launching MASKARA, Sabtu (23/3/2019) (Foto: Dhea Meidiana)
Drg. Luluk Farida saat menyampaikan paparannya terkait muslimah tangguh di era millennial dalam Talk Show Grand Launching MASKARA, Sabtu (Foto: Dhea Meidiana)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan Grand Launching Majelis Kekinian Bersama Muslimah (MASKARA) pada Sabtu, (23/3/2019). Acara yang mengusung tema Menjadi Muslimah Tangguh di Era Millenial  tersebut dilaksanakan di Aula Akhwat Masjid Nuruzzaman Kampus B UNAIR.

MASKARA dibuka langsung oleh Ana Raudlatul Jannah selaku Kepala Departemen Kemuslimahan UKMKI 2019. Dalam sambutannya, Ana mengatakan bahwa kegiatan MASKARA merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kemuslimahan UKMKI. Ana memaparkan bahwa tahun sebelumnya kegiatan serupa MASKARA pernah dilaksanakan, tapi saat itu masih belum diberi nama.

Kegiatan pertama untuk MASKARA pada Grand Launching berupa talk show. Untuk kegiatan selanjutnya, imbuh Ana, akan berupa kajian rutin setiap Jumat sore dengan satu orang pembicara yang akan menyampaikan materi.

“Seluruh muslimah di UNAIR, baik yang sudah paham agama, atau yang ingin belajar, semua dipersilahkan untuk ikut dan mendapatkan ilmu-ilmu dari pembicara,” ujar Ana menjelaskan tentang peserta yang bisa mengikuti kegiatan MASKARA oleh UKMKI tersebut. Ana menambahkan acara tersebut akan rutin dilaksanakan di Masjid Nuruzzaman Kampus B UNAIR.

Ana berharap setelah Grand Launching dilaksanakan para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga diharapkan bisa membangun negara.

“Muslimah itu penting untuk mendapatkan ilmu-ilmu pengetahuan utamanya tentang agama,” kata Ana menegaskan peran penting seorang muslimah untuk peradaban.

Majelis Kekinian Bersama Muslimah (MASKARA) dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk memfasilitasi mahasiswi UNAIR. Grand Launching MASKARA diselenggerakan dalam bentuk talk show dengan dihadari oleh dua orang pemateri. Adapun pemateri tersebut adalah drg. Luluk Farida, seorang penulis buku ‘I Click to Nikah’ dan Ustadzah Nuri Fauziah, seorang Psikolog sekaligus Trainer.

Adapun topik penting yang disampaikan oleh dokter Luluk dalam penyampaian materinya adalah kriteria seorang Muslimah yang tangguh. Ada tiga kriteria yang mendasar, yaitu istri yang taat, ibu yang sholihah dan da’iyah yang muntijah.

Di penghujung talk show diadakan sesi tanya jawab. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan berebut untuk mengajukan pertanyaan. Selain itu ada pembagian hadiah bagi mereka yang berani untuk mengajukan pertanyaan.(*)

 

Penulis: Dhea Meidiana

Editor: Zanna Afia Deswari

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu